USBN Menentukan Kelulusan, SMKN 1 Singkep Optimis Lulus UN 100 Persen

USBN Menentukan Kelulusan, SMKN 1 Singkep Optimis Lulus UN 100 Persen

Pelajar SMK Mahardika Singkep sedang mengikuti UNBK

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kepala SMK Negeri 1 Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Syamsul Hadi optimis siswa-siswinya lulus 100 persen pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sudah terlaksana pada 2-5 April lalu.

"Insya Allah lulus 100 persen," kata Syamsul kepada Batamnews.co.id, Jumat (6/4/2018).

Menurut dia, saat ini penentu kelulusan tidak hanya berdasar pada nilai UN saja tetapi juga berdasarkan kriteria nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dari sekolah masing-masing.

"Nilai UN tidak menentukan kelulusan, hanya dilihat sikap dan nilai USBN yang kriterianya sudah ditentukan sekolah. Tapi, kita berharap semoga nilai UN nya memuaskan," ujarnya.

Dia mengaku, untuk tahun ini siswa SMKN 1 Singkep yang mengikuti UNBK sebanyak 83 orang. Sebelum melakukan UN, sebagian siswa terlebih dahulu juga sudah mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Namun, ada juga yang dilakukan setelah UN.

"Ada yang sebelum, ada yang sesudah. Disesuaikan dengan jadwal penguji eksternal. Kalau UN tahun sebelumnya lulus semua, mudah-mudahan tahun ini lulus semua juga," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam mengungkapkan, untuk tahun pelajaran 2017/2018 ini, baru 2 SMK yang melaksanakan UNBK yakni SMKN 1 Singkep dan SMK Mahardika Singkep.

"Sedangkan untuk SMKN Pariwisata Daik, SMKN Pertanian Bukit Langkap dan SMKN Perikanan Senayang, masih melaksanakan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK)," kata dia.

Meskipun begitu, Junaidi berharap kedepanya seluruh sekolah kejuruan yang ada di Kabupaten Lingga sudah bisa melaksanakan UNBK.

"Untuk terlaksananya UNBK ini, harus didukung sarana IT, karena pelaksanaan UNBK itu menggunakan jaringan internet," ujarnya.

Diketahui, untuk tahun ajaran 2017/2018 ini, sebanyak 200 siswa dengan rincian 177 pria dan 83 wanita yang tersebar di 5 SMK se-Kabupaten Lingga, antusias mengikuti ujian nasional tersebut.


(Ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews