Ujian Nasional di Bintan Molor 2 Jam Gara-gara Internet Nge-Lag

Ujian Nasional di Bintan Molor 2 Jam Gara-gara Internet Nge-Lag

Sejumlah pelajar tengah serius mengikuti UNBK (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Bintan Timur molor selama 2 jam, Senin (2/4/2018). Hal disebabkan internet di sekolah tersebut lelet (nge-lag).

Namun masalah itu dapat diselesaikan secepatnya, karena pihak sekolah langsung berkoordinasi dengan Dinas Pendiddikan (Disdik) Bintan.

Kepala SMKN I Bintim, Yayuk Srimulyani Rahayu membenarkan terjadi masalah pada jaringan internet. Tapi dapat diselesaikan dan dipastikan pelaksanaan UNBK di sekolahnya berjalan lancar.

"Tadi ada masalah, sekitar 2 jam. Tapi UNBK tetap berjalan lancar," ujarnya.

Ketua Musyawarah Kerja (MK) Kepala SMK se Bintan, Wiharjo membenarkan adanya laporan terkait penundaan sementara waktu pelaksanaan UNBK di SMK Negeri I Bintim.

Kabarnya karena masalah jaringan internet, tapi sudah dilaporkan ke Disdik dan langsung diperbaiki.

"Internetnya troubel sebab disambar petir. Tapi sekarang tak ada masalah lagi karena sudah diperbaiki. Mudah-mudahan servernya tidak kenapa-kenapa," katanya.

Pria yang juga menjabat Kepsek SMK Negeri I Bintan Utara (Binut) menambahkan bahwa ada 4 sekolahan di Bintan yang melaksanakan UNBK. Diantaranya SMKN I Bintim diikuti 198 siswa, SMKN 1 Binut diikuti 176 siswa, SMKN I Gunung Kijang diikuti 79 siswa dan SMK Muhammadiyah diikuti 28 siswa.

Sedangkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) ada 3 sekolah yang melaksanakannya. Yaitu SMK Hang Tuah diikuti 40 siswa, SMKN I Seri Kuala Lobam diikuti 73 siswa  dan SMK Maritim diikuti 20 siswa.

"Kalau UNBK di sekolah kami dibagi tiga shift. Shift pertama dimulai sekitar pukul 07.30-09.30. Shif kedua sekitar pukul 10.30-12.30 dan shift ketiga 14.00-16.00. Sedangkan UNKP dimulai serentak sekitar pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai," jelasnya.

Dipastikan semua peserta UN hadir pada hari pertama pelaksanaan ujian nasional. Karena sampai saat ini belum ada laporan mengenai siswa yang tidak ikut ujian atau absen. 

Hari pertama UN, siswa mengerjakan Ujian Bahasa Indonesia. Lalu, 3 April mengerjakan Ujian Matematika, 4 April Ujian Bahasa Inggris dan terakhir 5 April mengerjakan teori kejuruan. Dijadwalkan pengumuman hasil kelulusan dilakukan 2 Mei 2018 mendatang. 

"Semoga ujiannya berjalan lancar dan siswa di Bintan berhasil menjawab semua soal-soalnya dengan benar. Sehingga lulus semua," ucapnya. 

(ary)

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews