Cara Jitu Kementerian PUPR

Bangun Irigasi Aliri Sawah Plus Cegah Banjir

Bangun Irigasi Aliri Sawah Plus Cegah Banjir

Sawah Desa Bukit Langkap yang terendam banjir (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV akan membangun jaringan irigasi di area percetakan sawah Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, tahun ini.

Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin mengungkapkan, pembangunan jaringan irigasi tersebut diharapkan mampu mencegah banjir yang kerap kali terjadi di lahan percetakan tersebut ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur.

"Kemarin Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV sudah melakukan sosialisasi kepada warga. Kami berharap, dengan dibangunnya jaringan irigasi ini, sawah yang ada tidak lagi kebanjiran," kata dia kepada Batamnews.co.id, Sabtu (31/3/2018).

Dia mengungkapkan, dengan adanya pembangunan jaringan irigasi di lahan percetakan sawah tersebut, petani setempat semakin bersemangat untuk mengembangkan pertanian padi tersebut.

Terlebih lagi, sebelumnya padi hasil petani setempat sudah mulai diproduksi dengan merek beras cap Jagung Manis.

"Mendengar kabar akan dibangunnya irigasi ini, Alhamdulillah petani kita semakin semangat. Mudah-mudahan nantinya hasil yang didapatpun lebih maksimal," ujarnya.

Diketahui, BWS Sumatera IV akan membangun jaringan irigasi di Desa Bukit Langkap dengan dua tahap. Untuk tahun ini, pagu anggaran yang akan dihabiskan sebesar Rp7.674.767.000 melalui APBN 2018.

Adapun jaringan irigasi yang akan dibangun nantinya yakni, normalisasi sungai dan pembangunan box culvert untuk mencegah terjadinya banjir. Selanjutnya, pekerjaan saluran primer, sekunder, dan tersier untuk mengairi areal sawah dan calon sawah dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi.

Kemudian, pembangunan bangunan pengatur muka air beserta pintu guna melayani kebutuhan air untuk semua petak sawah dan calon petak sawah.

(ruz)
 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews