Aunur Rafiq Wanti-wanti Agen dan Distributor Sarden Bercacing

Aunur Rafiq Wanti-wanti Agen dan Distributor Sarden Bercacing

Bupati Karimun Aunur Rafiq (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq menilai produk sarden harus segera ditarik dari pasaran. Ini menjadi tanggungjawab agen dan distributor.

Rafiq meminta kesadaran penuh tidak lagi mengedarkan ketiga merek sarden kaleng  itu. 

"Kita minta kesadaran penuh. Karena apabila itu tetap beredar maka akan berdampak pada kesehatan konsumen," ucapnya.

Rafiq mengatakan, jika masih ada pedagang atau agen yang tidak mengindahkannya maka pemerintah daerah akan memberikan sanksi hingga yang terberat dengan mencabut izin usaha.

Produk makarel atau sarden yang didapati cacing didalamnya seperti merek Farmerjack, IO, dan HOKI, sebelum dinyatakan tidak baik di konsumsi oleh BPOM.

"Kita merujuk ke BPOM dan dinas kesehatan. Jika rekomendasi dari BPOM menyatakan tidak layak dan menimbulkan dampak pada kesehatan maka kita minta untuk segera ditarik," kata Rafiq.

Selain itu, tindakan tegas dengan mencabut izin, para pedagang yang masih mengabaikan ketetapan dari BPOM juga dapat tersandung proses hukum, yakni melanggar undang-undang perlindungan konsumen.

"Ini akan menjadi wewenang aparat penegak hukum mengenai perlindungan konsumen. Sanksi akan dapat diberlakukan bagi perusahaan yang mengabaikan pelindungan konsumen," ujarnya.

(edo)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews