Disperindag Batam Cek Peredaran 27 Sarden Bercacing di Batam

Disperindag Batam Cek Peredaran 27 Sarden Bercacing di Batam

Tim Disperindag mengecek 24 merek ikan sarden kalengan di Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Merek sarden yang diduga bercacing bertambah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam langsung turun ke lapangan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam mengecek peredaran 24 merek yang diduga mengandung cacing di kawasan Batam Center, Kamis (29/3/2018). 

“Tadi langsung diinstruksikan oleh Wakil Wali kota Batam, untuk segera turun ke lapangan, kebetulan juga saat itu tim juga sedang bersiap-siap,” ujar Kepala Disperidag kota Batam, Zarefriadi di Gedung kantor bersama. 

Zaref mengatakan informasi yang diperoleh tersebut memang hanya berdasarkan berita di media massa, diketahui ada 24 merek yang mengandung cacing, 16 merek merupakan impor dan sisanya berasal dari dalam negeri.

“Merek-merek sudah kita baca di berita, dan itu berasal dari BPOM, kita hanya tinggal koordinasi dengan BPOM di Batam,” katanya.

Saat ini hanya 5 petugas yang dikerahkan untuk memeriksa peredaran 24 merek ikan sarden kalengan, setelah itu pengecekan akan dilakukan sampai hari minggu mendatang.

“Tadi hanya sebagai aksi cepat saja, nanti tim akan memeriksa ke ritel-ritel di daerah lain di kota Batam sampai hari minggu,” jelasnya.

Meski telah ditemukan parasit cacing dalam ikan sarden kalengan, Zaref mengimbau agar masyarakat tetap waspada dalam memilih produk ikan sarden yang akan dikonsumsi.

“Masyarakat bisa paham, dan tidak terlalu takut, setelah ini akan dilakukan koordinasi dengan stakeholder terkait,” ucapnya.

Kepada distributor, Zaref meminta agar tidak mengedarkan merk-merk ikan sarden kalengan yang mengandung cacing parasit.

“Peredarannya ditahan dulu, jangan disebarkan lagi,” katanya.

Adapun daftar 27 merek ikan sarden kalengan ditarik dari peredarannya karena karena mengandung cacing sebagaimana dirilis BPOM, yakni ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, Dr Fish, FarmerJack, Fiesta Seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Jojo, King's Fisher, LSC, Maya, Nago/Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas, Ranesa, S&W, Sempio, TLC dan TSC. 

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews