Tour de Bintan 2018

947 Atlet Bersaing Sengit di Kategori Grand Fondo Classic dan Challange

947 Atlet Bersaing Sengit di Kategori Grand Fondo Classic dan Challange

Atlet sepeda kategori Grand Fondo Classic memulai start. (foto: ary/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - 947 atlet Tour de Bintan (TdB) dari 43 negara mengikuti dua kategori balap sepeda Series World Champion yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu (24/3/2018).

Kategori Grand Fondo Classic sejauh 144 Km ini diikuti oleh 705 atlet dan Kategori Gran Fondo Challenge sejauh 82 Km diikuti 242 atlet.

Perlombaan balap sepeda itu dilepas secara langsung oleh MenPAN RB, Asman Abnur, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Bupati Bintan, Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, dan Kajati Kepri Asri Agung Putra di Terminal Simpang Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, dari pukul 07.30 WIB-09.30 WIB.

Hadir juga dalam pelepasan atlet itu, Staf Ahli Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Ratna Sari, Wakil UCI Internasional Dato Amarjid Sight Gill, Perwakilan ICF Budi Saputro, GGM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab dan GM Administrasi PT BRC, Aditya Laksamana. 

Asman Abnur mengatakan Pemkab Bintan dan PT BRC berhasil menggelar Tour de Bintan yang ke 8 kalinya di Bintan. Event olahraga kepariwisataan yang dimiliki Bintan membuat atlet maupun wisatawan seluruh dunia takjub. Sebab mereka berolahraga sambil menikmati keindahan alam yang tiadantaranya.

"Keindahan alam di Bintan sangat mendukung kesuksesan event-event yang ada. Jadi harapan kita, Bintan mampu menjadi Balinya di wilayah Indonesia bagian barat," ujarnya.

Semua itu bisa saja terwujud. Asalkan pemerintah daerah, pengelola wisata beserta masyarakat bisa saling mendukung. Yaitu bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan. "Kunci suksesnya selalu bersama," sebutnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan even ini merupakan agenda tahunan di Kabupaten Bintan. Namun peserta yang mengikutinya terus meningkat tiap tahunnya.

"Jumlah peserta yang ikut naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Begitu juga asal negara dari peserta semakin banyak," katanya.

TdB ini merupakan salah satu produk even yang dimiliki kabupaten ini. Melalui event inilah upaya pemerintah meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Tercatat, di tahun lalu wisatawan mancanegara dan nusantara yang datang kesini mencapai 7.00 ribu lebih. Jumlah ini melebihi target yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemkab Bintan.

"Kami terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur  dalam menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Bintan," jelasnya.

Pariwisata di Kabupaten Bintan tidak semata menjual keindahan alam dan kedekatan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura saja. Tetapi memiliki daya tarik lainnya yaitu event-event bersekala internasional.

Seperti TdB ini telah masuk Kalender UCI Series World Champion. Lalu, Ironman 70.3 Bintan, Triathlon, Moonrun dan yang baru di tahun ini Bintan International Marathon (BIM).

"Tahun ini kami fokuskan pembangunan infrastruktur penunjang kepariwisataan sehingga mampu ikut meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Bintan, Luki Zaiman Prawira menjelaskan event ini diikuti oleh 1.200 atlet dari 43 negara. Mereka semua mengikuti perlombaan dalam empat kategori.

"Tadi pagi diikuti 947 atlet. Yaitu 705 atlet berlomba dalam Kategori Gran Fondo Classical sejauh 144 Km dan 242 atlet lomba Gran Fondo Challenge sejauh 82 Km," tambahnya. 

Besok, Minggu (25/3/2018) peserta TdB 2018 akan mengikuti Kategori Gran Fondo Century sejauh 111 Km dengan start di Nirwana Gardens dan Gran Fondo Discovery sejauh 55 Km dengan startnya di Terminal Ferry Bandar Bentan Telani.

"Sisanya akan mengikuti dua kategori pada Minggu," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews