Lantamal IV Tanjungpinang Kerahkan Kapal dan Helikopter Pantau Tumpahan Minyak

Lantamal IV Tanjungpinang Kerahkan Kapal dan Helikopter Pantau Tumpahan Minyak

Tim Lantamal IV Tanjungpinang memantau perairan di sekitar Lagoi untuk melihat tumpahan minyak. (foto: adi/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Helikopter untuk memantau tumpahan minyak di sekitar Perairan Lagoi, Sabtu (24/3/2018).

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan, bahwa pihaknya mengerahkan satu unit kapal dan Helikopter  BO-105 untuk memastikan tumpahan minyak hitam di Perairan Lagoi.

“Patroli laut di lakukan KAL Welang mulai dari Perairan Utara Lagoi sampai Tanjung Berakit dengan hasil belum ditemukan adanya pencemaran limbah serta kapal-kapal yang membuang minyak hitam,” kata Eko Suyatno.

Sedangkan patroli udara dilakukan Heli BO-105 milik Lanudal TPI pada lokasi yang sama dengan hasil tidak ditemukannya kapal-kapal yang membuang minyak hitam tetapi terlihat adanya pemcemaran limbah minyak hitam dalam jumlah kecil di Pantai Lagoi Bay, Nirwana dan sekitarnya.

“Diduga karena adanya pembersihan tangki bahan bakar atau pembuangan minyak lumpur yang dilakukan kapal yang melintas di Perairan Internasional atau kapal yang lego jangkar di sekitar OPL Timur, sehingga terawa arus hingga sampai di pantai dan angin pun masih musim utara,” ungkapnya.

Eko Suyatno mengukapkan, kejadian seperti ini hampir setiap tahun terjadi, karena itu diperlukan penanganan khusus yang dilakukan oleh semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah bekerjasama dengan instansi baik TNI/Polri maupun sipil yang berhubungan dengan masalah tersebut.

“Lantamal IV akan terus melakukan operasi pengamanan laut melalui unsur-unsur KRI, Pesud dan KAL untuk mencegah serta meminimalisir kegiatan ilegal di laut termasuk pencemaran,” jelasnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews