Nongsa Digital Park Berambisi Tarik Investasi Hingga Sekitar Rp 6 Triliun

Nongsa Digital Park Berambisi Tarik Investasi Hingga Sekitar Rp 6 Triliun

Menlu Indonesia, Retno Marsudi bersama rombongan meninjau Nongsa Digital Park (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan meresmikan kawasan industri Nongsa Digital Park (NDP) di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/3/2018). 

NDP adalah salah satu gerbang ekonomi digital untuk Indonesia, terletak di sampling Terminal Ferry Nongsapura, Batam berjarak 35 menit dari Terminal Ferry Tanah Merah.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan masa depan akan berubah dengan adanya revolusi digital. 

NDP bisa menciptakan lapangan pekerjaan masa depan, yang mengusung revolusi digital.

“Untuk mencapai misi ini, terutama adalah penyiapan skill SDM yang memadai. Sehingga revolusi digital ini seiring dengan ketersediaan SDM yang memadai,” kata dia.

NDP akan jadi bagian dari rencana Indonesia untuk menumbuhkan seribu perusahaan rintisan digital baru senilai USD 10 Miliar sampai 2020 mendatang.

Rencana ini tentu memberikan keuntungan kepada Singapura untuk mengembangkan teknologi informasi.

“NDP merupakan sebuah contoh kerjasama yang baik antara Indonesia dan Singapura untuk saling memberikan keuntungan,” jelasnya.

Presiden Direktur NDP Mike Wiluan mengatakan, kawasan yang dibangunnya adalah salah satu gerbang ekonomi digital untuk Indonesia. Dengan letak yang strategis dan akses transportasi yang mudah, membuat NDP punya keunggulan dibanding kawasan lain di dalam negeri.

“NDP hadir menjadi salah satu gerbang ekonomi pusat digital utama di Indoneisa. Kami dapat berpartisipasi dalam kerjasama antara Indonesia dan Singapura di bidang digital ekonomi,” ujar Mike. 

NDP menyediakan infrastruktur untuk kegiatan bisnis digital dengan rencana membangun Data Center terletak di Kawasan Nongsa Resort termasUk Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Taman Nongsa lndah Village, Terminal Ferry Nongsapura, Studio Film dan Animasi Infinite Studio dan Tamarin.

Tahap pertama NDP terdiri dari sembilan gedung perkantoran, dimulai dengan tiga gedung pertama yang diresmikan pada tanggal 20 Maret, dan dua gedung diantaranya sudah dihuni oleh Perusahaan Digital. 

Tahap Pertama ini akan mempekerjakan kurang Iebih 1.500 Pekerja, jumlahnya akan meningkat seiring dengan selesainya proyek NDP secara keseluruhan yang ditargetkan menarik total investasi potensial di atas USD 500 Juta. 

Sebelumnya pada pertemuan Pemimpin RISINGSO bulan September 2017 yang lalu di Singapura, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa NDP akan menjadi "Jembatan Digital", sebuah batu loncatan yang menghubungkan Singapura melalui Batam dalam hal kegiatan ekonomi digital ke kotakota lainnya di Indonesia dan merupakan lokasi yang ideal untuk menjadi platform Industri digital dan pengembangan inkubator start up. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews