Duh, 5 Anak Derita Gizi Buruk di Karimun, Satu Orang Harus Dirawat

Duh, 5 Anak Derita Gizi Buruk di Karimun, Satu Orang Harus Dirawat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Penderita gizi buruk di Kabupaten Karimun sejak Januari hingga Maret 2018 telah mencapai lima orang anak. Satu diantaranya harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Lima penderita gizi buruk tersebut merupakan catatan Dinas Kesehatan Karimun untuk tiga bulan di awal tahun 2018. Sementara di tahun 2017 hanya tercatat dua orang anak yang menderita gizi buruk.

"Tahun 2017 kita hanya merawat 2 pasien penderita gizi buruk, tapi di tahun ini sampai Maret kita sudah merawat 5 pasien penderita gizi buruk klinis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi.

Sementara itu, satu anak yang masih menjalani perawatan di RSUD M Sani saat ini kondisinya masih belum stabil. Sudah sebulan lebih mendapat perawatan, tapi belum ada kenaikan signifikan.

“Kenaikan signifikan belum terjadi meskipun asupan makanan tambahan secara maksimal telah diberikan,” ujarnya.

Meningkatnya penderita gizi buruk ditemukan pihak Dinkes beberapa kecamatan, dengan kader posyandu untuk membantu. Dimana apabila melihat anak dengan pertumbuhan yang tidak normal untuk dapat dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan pengecekkan oleh ahli gizi.

"Kita upayakan kader posyandu untuk bantu mencari penderita gizi buruk agar dapat cepat ditangani oleh tenaga kesehatan. Sementara ini  ditemukan 1 anak di Karimun, 1 Moro, 1 Tanjungbatu, dan Meral 2 anak,” ujarnya.

Bagi masyarakat tidak perlu kawatir, mengenai pembiayaan apabila ada salah satu anggota keluarga dan tetangga dilingkungan yang menderita gizi buruk.

Pembiayaan selama menjalani perawatan akan ditanggung Pemerintah melalui Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM).

"Pembiayaan kita dapat menggunakan JPKM. Jadi apabila memang ditemui langsung dibawa ke puskesmas saja,” ujar Kadinkes Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews