10 SMP Siap Mengikuti UNBK, 5 Masih Numpang di SMA dan SMK

10 SMP Siap Mengikuti UNBK, 5 Masih Numpang di SMA dan SMK

Bupati Bintan Apri Sujadi dan Kadisdik saat memberikan sambutan di salah satu sekolah di Bintan. (foto: ist/ary)

BATAMNEWS.CO,ID, Bintan - Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan mendata ada 41 sekolah jenjang SMP yang akan mengikuti  Ujian Nasional (UN) pada 23-26 April 2018 mendatang.

Dari jumlah tersebut, hanya 10 sekolahan yang mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan 31 sekolahan lainnya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Namun, hanya 5 sekolah saja yang siap melaksanakan UNBK itu secara mandiri. Sedangkan 5 lainnya masih menumpang di sekolahan lain yaitu di SMA dan SMK.

SMP yang melaksanakan UNBK secara mandiri yaitu SMP Negeri 1 Bintan , SMP Negeri 2 Bintan, SMP Negeri 11 Bintan , SMP Negeri 12 Bintan dan Mts Negeri Bintan. Sedangkan SMP yang menumpang di SMA dan SMK dalam pelaksanaan UNBK ini adalah SMPN 3 Bintan dengan lokasi ujian di SMKN 1 Bintan Timur.

Kemudian, SMPN 4 Bintan dengan lokasi ujian di MAN Bintan, SMPN 6 Bintan dengan lokasi ujian di SMAN 1 Teluk Bintan, SMPN 13 dengan lokasi ujian di SMKN 1 Bintan Utara dan SMPN 20 Bintan lokasi ujian di SMKN 1 Gunung Kijang. 

"Tahun lalu pelaksanaan UNBK hanya 5 sekolah dan semuanya numpang di sekolahan lain yang punya komputer. Sedangkan tahun ini naik menjadi 10 sekolahan tapi 5 sekolah saja yang melaksanakannya sendiri, sisanya masih numpang di SMA dan SMK," ujar Kepala Disdik Bintan, Tamsir, Rabu (14/3/2018).

Jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) dengan sistem UNBK dan UNKP sebanyak  2.544 siswa. Terdiri dari tingkat SMP berjumlah 2.312 siswa dan tingkat Mts berjumlah 232 siswa.

Tamsir berharap tahun ini prestasi siswa Bintan bisa meningkat dari tahun yang lalu. Yaitu pada 2017, Bintan berada diperingkat ke 3 kelulusan se Provinsi Kepri dengan nilai rata-rata 51,60. Untuk tahun ini, harus bisa diperingkat kedua bahkan jika bisa diperingkat pertama se-Kepri.

"Kita terus melengkapi sarana prasarana seperti komputer dan internet disetiap tahunnya. Tapi untuk sekarang kita fokus bagaimana meningkatkan pendalaman materi, try out, hingga meningkatkan kepercayaan diri siswa sebelum menghadapi ujian," jelasnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan dirinya menginginkan seluruh siswa SMP/Mts di Bintan sudah mempersiapkan yang terbaik dalam mengikuti UN. Diharapkan nantinya, siswa se-Bintan mampu mencapai angka kelulusan 100 persen.

"Kita minta seluruh siswa mampu mempersiapkan materi, mental dan juga fisik. Istirahatlah yang cukup, tinggalkan dulu gadget-nya, takutnya asik main hape aja, sampai lupa belajar pula " ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews