10 Personel Satpol PP akan Dilatih di Tim SAR Lingga

10 Personel Satpol PP akan Dilatih di Tim SAR Lingga

Kepala Kantor BNNP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan terus melanjutkan pembangunan Unit Siaga SAR di Kabupaten Lingga.

Kepala Kantor BNNP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, terkait kelanjutan pembangunan Unit Siaga SAR itu, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Wakil Bupati Lingga.

"Insya Allah itu akan kita lanjutkan, karena harus ada dasar hukum atau payung hukumnya. Payung hukumnya itu adalah peraturan Kepala Basarnas, saat ini sudah dalam proses dan memang diprioritaskan untuk Lingga Unit Siaga SAR," kata Budi ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (6/3/2018).

Dia menjelaskan, jika sinergitas antara Basarnas dan Pemda Lingga berjalan baik, maka dalam tahun 2018 ini juga, Unit Siaga SAR akan diusulkan peningkatan menjadi Pos SAR yang disetujui oleh Menpan.

"Ternyata, ketika konfirmasi awal yang kami lakukan, Wakil Bupati responnya sangat luar biasa. Nanti mungkin kami akan menempatkan pertama ini 5 orang personel di sana. Kemudian ditambah dengan strateginya Pak Wakil Bupati 10 orang Satpol PP yang kemungkinan akan ditempatkan di Unit Siaga SAR itu untuk membantu kekuatan, secepatnya akan kita lakukan," ujar dia.

Dia mengaku, nanti 10 personel dari Satpol PP itu akan dibekali ilmu SAR. Sehingga, mereka dapat membantu dalam penanggulangan kecelakaan yang terjadi.

"Saya janji ketemu di atas tanggal 10 Maret ini dengan Wakil Bupati dan Bupati Lingga. Kalau untuk lokasi terus terang saya belum ke sana. Untuk sementara, karena anggarannya belum ada untuk Unit Siaga SAR, tapi karena dipandang perlu kami menempatkan personel di sana," katanya.

Dia berharap, dengan hadirnya Unit Siaga SAR nanti, sementara waktu, Pemda Lingga dapat memberikan pinjam pakai ruangan atau gedung. Sedangkan untuk peralatan yang akan disediakan, akan disesuaikan dengan potensi kecelakaan dan potensi bencana yang sering terjadi di Kabupaten Lingga. 

(Ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews