Lingga Dilanda Musim Kering, Ini Kata BMKG

Lingga Dilanda Musim Kering, Ini Kata BMKG

Warga sedang antri mengambil air bersih akibat musim kering yang berkepanjangan (Foto:Net)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, beberapa hari belakangan memasuki priode kering. Bahkan, beberapa desa merasakan dampak kekeringan.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, untuk Kabupaten Lingga sendiri, mempunyai dua puncak bulan yang curah hujan nya sangat tinggi yaitu bulan Mei dan November.

"Kita memasuki periode kering, bukan musim kemarau. Kalau dikatakan musim kemarau, ada jangka waktu yang panjang batasannya," kata dia  ketika dihubungi Batamnews.co.id, Selasa (20/2/2018).

Dia menjelaskan, Kepulauan Riau merupakan daerah Non Zome yang artinya tidak ada batasan masuknya musim penghujan dan masuk musim kering.

"Berdasarkan pantauan dari BMKG, akhir bulan ini memasuki bulan Maret ada potensi hujan," ujarnya.

Dia mengaku, sebagai instansi vertikal, BMKG Dabo Singkep siap membantu jika ada yang ingin berkoordinasi mengenai kecuacaan di wilayah Kabupaten Lingga.

"Kami menghimbu agar masyarakat berhati-hati, cuaca saat ini angin kencang dan panas terik. Jangan membuang puntung rokok sembarangan dan membakar lahan kebun karena akan berpotensi kebakaran lahan dan hutan menyebabkan kabut asap," katanya. 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews