Jet Canggih Sukhoi Su-35 Perkuat TNI AU Oktober 2018

Jet Canggih Sukhoi Su-35 Perkuat TNI AU Oktober 2018

Sukhoi SU-35. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) akhirnya menandatangani kontrak pengadaan pesawat tempur canggih buatan Rusia, Sukhoi Su-35. Rusia dan Indonesia telah sepakat melakukan jual beli sebanyak 11 unit Sukhoi Su-35 dengan cara imbal dagang. Dua unit pesawat akan tiba di Indonesia Oktober nanti. Sedangkan sisanya akan menyusul.

"Sudah (tanda tangan kontrak-red) pada Rabu 14 Februari 2018, di Indonesia," ujar Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik, Kemhan Brigadir Jenderal TNI Totok Sugiharto, kepada SINDOnews, Kamis (15/2/2018). (Baca juga: 2019, Sukhoi Su-35 Akan Mengudara di Langit Indonesia)

Rencananya dua pesawat tempur canggih ini tiba pada Oktober mendatang dengan persenjataan lengkap. 

"Insya Allah, full combat," katanya.  

Seperti diketahui, pembelian pesawat Sukhoi Su-35 ini bertujuan untuk menggantikan F-5 Tiger yang sudah tidak layak terbang. "Sebanyak 11 pesawat Sukhoi Su-35 full combat," tegas mantan Kapendam V/Brawijaya ini. 

Alasan memilih Sukhoi Su-35 untuk memperkuat pertahanan Indonesia, pernah diungkap Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, Agustus tahun lalu.

Menurut dia, pesawat tempur jenis terbaru ini memiliki kemampuan mengunci target. "Dari jauh, dia (Sukhoi SU-35) sudah bisa tahu ada berapa target dan menyiapkan peluru ya untuk menembak," kata Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Agustus 2017. 

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyambut baik penandatanganan kontrak pengadaan Sukhoi.

Mantan Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional ini mengatakan, keberadaan Sukhoi Su-35 akan menambah kekuatan opersional TNI AU. 

"Akan meningkatkan efek gentar dan daya tangkal," katanya. 

Dia mengatakan, pesawat tempur tersebut akan ditempatkan di Skadron 14 Madiun, Jawa Timur. 

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews