Bea Cukai Batam Luncurkan Layanan Online Khusus Industri dan Perdagangan

Bea Cukai Batam Luncurkan Layanan Online Khusus Industri dan Perdagangan

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam meluncurkan layanan untuk memudahkan industri dan perdagangan di Batam secara online.

Layanan online hasil dari buatan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam ini, nantinya baru beroperasi di Batam saja dengan nama Izin Online Bea Cukai Batam (ION BETA).

"Gunanya untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan pelayanan," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Tipe B Batam, Susila Brata ditemui setelah acara HUT KPU Bea dan Cukai yang ke 10 kategori mitra kehumasan.

Ia menyebutkan, nantinya ada tiga belas jenis layanan yang akan dibuat. Jadi buat para pengguna jasa tidak perlu lagi memakai surat permohonan manual dan datang ke kantor Bea dan Cukai.

"Cukup kirimkan datanya, perusahaan itu sudah teregistrasi, sudah mendapat user ID dan Pasword. Sehingga tidak sembarang orang bisa ngirim," paparnya.

Nantinya data yang telah masuk akan dikirimkan, dalam bentuk respon atau data elektronik dari KPU Bea dan Cukai tipe B Batam. Kemudian masuk ke inbox pengguna jas tersebut, dan bisa dicetak apabila user tersebut memerlukan cetakan.

"Jadi nggak perlu datang ke Bea cukai," kata dia.

Untuk keamanan web itu sendiri, Susila meyakinkan bahwa layanan online itu akan aman dari tangan-tangan usil.

"Insyallah aman, kami punya Kepala Seksi yang di sini sekarang yang membidangi IT adalah mantan dari Direktorat Bea Cukai di pusat. Sudah berpenglaman mereka," kata dia.

(yud)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews