Banyak Daerah di Lingga Tidak Terjangkau Sinyal, Pemkab Lingga Jajaki Provider

Banyak Daerah di Lingga Tidak Terjangkau Sinyal, Pemkab Lingga Jajaki Provider

Plt Kabag Humas dan Kominfo Lingga, Sabirin. (Foto:Ruz/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Sejumlah daerah di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau saat ini masih ada yang belum sama sekali terjangkau jaringan telekomunikasi.

Melihat hal itu, Pemkab Lingga melalui Bagian Humas dan Kominfo mulai menjajaki pihak provider seperti Telkomsel guna koordinasi penambahan atau peningkatan layanan telekomunikasi untuk beberapa daerah di Kabupaten Lingga.

"Untuk tahun 2017 kemarin, daerah yang baru mendapatkan tambahan pembangunan tower telekomunikasi itu di Desa Batu Berdaun, Bukit Cening, Desa Penuba, Desa Kerandin, Tanjung Bungsu dan Desa Rantau Panjang," kata Plt Kabag Humas dan Kominfo Lingga, Sabirin kepada Batamnews.co.id, Kamis (25/1/2018).

Dia menjelaskan, untuk tahun 2018 ini, peningkatan layanan dari 3G menjadi 4G yang dilakukan pihak provider Telkomsel dilakukan di daerah Pelabuhan Tanjung Buton, Pelabuhan Jagoh serta Kecamatan Senayang.

"Sebelumnya sudah ada empat daerah di seputaran Kota Dabo dan tiga di seputaran Kota Daik yang sudah mendapatkan layanan 4G ini," katanya.

Ia berharap, dengan adanya penambahan dan peningkatan kualitas layanan ini, tentunya bisa membantu dan mempermudah masyarakat Lingga dalam meangkses jaringan telekomunikasi dan data.

"Untuk daerah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi, kami minta dapat diakomodir pada tahun 2018 ini," kata dia.

Diketahui, adapun sejumlah daerah yang masih minim jaringan telekomunikasi di Kabupaten Lingga yakni Desa Tanjung Kelit , Desa Mentuda, Desa Batu Belubang serta sebagian desa di Utara Pulau Lingga seperti Desa Kudung, Belungkur, dan juga Desa Teluk. 

Sedangkan untuk Pulau Pekajang yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bangka Belitung, nantinya akan diakomodir melalui program Universal Service Obligation (USO) dari Kementerian Kominfo yang rencananya akan terealisasi pada tahun 2018 ini. 

(Ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews