Berpotensi Bahaya, Asteroid Seukuran Burj Khalifa Sedang Menuju ke Bumi

Berpotensi Bahaya, Asteroid Seukuran Burj Khalifa Sedang Menuju ke Bumi

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Washington - Asteroid berukuran besar dilaporkan tengah mengarah ke Bumi dengan kecepatan 76.000 mil/jam. Asteroid terebut berukuran lebih besar dari bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

"Asteroid 2002 AJ129 akan terbang melewati Bumi pada tanggal 4 Februari, yang berada dalam jarak 4,2 juta kilometer dari planet kita," menurut NASA seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (21/1/2018).

Meskipun ini setara dengan sepuluh kali jarak antara Bumi dan bulan, asteroid ini termasuk dalam parameter "berpotensi berbahaya" - klasifikasi diterapkan pada asteroid manapun di jarak 4,6 juta mil di Bumi.

Batu yang berukuran hingga 1,2 kilometer dan akan mencapai kecepatan 76.000 mph pada pendekatan terdekatnya - lebih besar dari pada sebagian besar benda di sekitar Bumi saat melintasi Bumi.

Kecepatan melintas yang tinggi adalah hasil orbit asteroid, yang ujungnya sangat dekat dengan matahari. Meski demikian, NASA secara kategoris tidak ada ancaman tabrakan dengan Bumi.

"Kami telah melacak asteroid ini selama lebih dari 14 tahun dan mengetahui orbitnya dengan sangat akurat," kata Paul Chodas dari Laboratorium Propulsi Jet NASA.

"Perhitungan kami menunjukkan bahwa asteroid 2002 AJ129 tidak memiliki peluang - nol - bertabrakan dengan Bumi pada 4 Februari atau dalam waktu 100 tahun ke depan," imbuhnya.

Ini adalah kabar baik bagi semua penduduk karena jika batu raksasa itu menabrak Bumi akan menyebabkan kerusakan serius dan tahan lama.

Penelitian dari 2016 memperkirakan bahwa serangan semacam itu dapat menyebabkan dampak global yang sangat parah selama beberapa tahun, yang menandai era mini zaman es.

"Ini tidak akan menjadi saat yang menyenangkan," kata Charles Bardeen, dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado, yang memimpin eksperimen pemodelan tersebut. 

Namun, pada catatan yang lebih positif, tim tersebut mengatakan sebuah asteroid setidaknya harus 10 kali lebih besar daripada yang ini untuk melenyapkan seluruh planet. Asteroid yang diyakini telah menyebabkan kepunahan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu berukuran sekitar 10 km.

Asteroid 2002 AJ129 akan melewati Bumi pada tanggal 4 Februari malam dan tidak akan mendekati planet ini lagi sampai tahun 2172.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews