Liga Pekerja Terinspirasi dari Galakarya Era 1970-an

Liga Pekerja Terinspirasi dari Galakarya Era 1970-an

Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri saat memeberikan cinderamata ke perwakilan tim. (foto: yud/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Penyelenggaraan Liga Pekerja Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan terinspirasi dari Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya) populer pada era 1970-an dan 1980-an.

Pasalnya Galakarya saat itu banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola yang ikut memperkuat tim Nasional.

“Oleh karena itu, bersama Kemenpora, PSSI dan Apindo. Kemeterian Ketenagakerjaan berupaya menghidupkan kembali semangat Galakarya melalui LPI,” ujar Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri usai ditemui setelah pembukaan LPI.

LPI ini sendiri juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat, melalui olahraga khususnya sepakbola.

Pihak Kementerian sendiri sudah menjadwalkan, untuk Final Liga Pekerja Indonesia ini sendiri akan dilakukan di Jakarta tepat di hari Peringatan Buruh Internasional atau May Day.

"Diadakan serentak di 34 Provinsi dan terbagi dalam 8 zona, finalnya akan kita laksanakan nanti di Jakarta dan akan memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI," ungkapnya.

Sebelumnya, LPI pertama sekali dilaksanakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 2017 lalu. Liga Pekerja Indonesia ini sendiri, digelar di 34 provinsi dan diikuti maksimal 16 tim dari setiap provinsi.

Juara dari masing-masing Provinsi sendiri, nantinya akan kembali memperebutkan juara pertama untuk di Zona Regional. Kemudian juara Zona Regional akan bertanding di babak delapan besar Nasional, dan selanjutnya ke babak Semifinal dan Final yang akan dilaksanakan pada peringatan May Day di Jakarta pada 1 Mei 2018.

“LPI ini direncanakan akan berlanjut untuk memperebutkan piala bergilir, yaitu Piala Presiden,” kata dia.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews