Ratusan Bangunan di Titik Ini Siap-siap Dibongkar Tim Terpadu

Ratusan Bangunan di Titik Ini Siap-siap Dibongkar Tim Terpadu

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Umum Batam, Imam Tohari. (foto: ist/skpd)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ratusan bangunan yang berdiri di atas right of way (ROW) jalan bakal dibongkar. Pembongkaran ini karena akan dilakukannya pelebaran 10 titik jalan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Batam tahun 2018 ini.

"Ruas jalan Simpang BNI ke Simpang Frengki saja sudah 78 bangunan. Soalnya ada ruli dan kios liar," kata Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Umum Satpol PP Batam, Imam Tohari, Selasa (16/1/2018).

Sementara titik-titik lain yakni ruas jalan di sekitar Terminal Jodoh (belakang Hotel Novotel) sebanyak 34 bangunan. Di ruas jalan Simpang Fly over ke Simpang Gelael (depan Edukit) ada 11 bangunan. 

Kemudian di ruas jalan Simpang Kuda sampai ke Simpang Bengkong Seken ada sekitar 300-an bangunan yang juga mengalami dampak pelebaran jalan. 

Imam mengatakan, penertiban bangunan ini sudah disosialisasikan tahun lalu oleh Pemerintah Kota Batam. Dan Wali Kota HM Rudi sendiri juga ikut dalam sosialisasi tersebut, dimana warga diminta untuk membongkar sendiri bangunan milik mereka.

Menurut Imam, bangunan terdampak pada tiga lokasi tersebut paling banyak di ruas jalan dan untuk bangunan liar dari Simpang Baloi Center ke arah Kampus Universitas International Batam sudah dibongkar dengan sendirinya.

"Ada sekitar 7 bangunan sebelah kiri dan 28 sebelah kanan, tapi mereka sudah bongkar sendiri," terangnya.

Dua ruas jalan lainnya, kata Imam, tak terlalu banyak bangunan. Jika ruas jalan dari Simpang Polsek Lubukbaja ke Simpang Baloi hanya gapura polsek, gapura kecamatan dan gapura Koramil yang akan dibongkar.

"Di Raden Patah (Simpang Harmoni Hotel ke Simpang Polsek Lubukbaja) tidak ada," jelasnya.

Untuk itu Pemko Batam mengumpulkan warga yang memiliki bangunan terdampak pelebaran jalan di Kantor Kecamatan Lubukbaja pada Rabu (17/1/2018). 

Agenda tersebut khusus terkait pelebaran tiga ruas jalan Simpang Harmoni Hotel ke Simpang Polsek Lubuk Baja, Simpang Polsek Lubuk Baja ke Simpang Baloi Center serta Simpang Baloi Center ke arah Kampus Universitas International Batam.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam Yumasnur menjelaskan pertemuan bersama warga tersebut akan dihadiri oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Ia mengatakan tiga ruas jalan tersebut akan ditingkatkan menjadi tiga lajur pada setiap jalur yang ada. "Sekarang inikan hanya dua lajur pada setiap jalurnya," kata dia.

Selain pelebaran jalan pihaknya juga akan membangun pedestrian serta drainase sepanjang jalan yang akan diperlebar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews