Diterjang Ombak, Kapal Bermuatan 40 Ribu Kelapa Nyaris Karam

Diterjang Ombak, Kapal Bermuatan 40 Ribu Kelapa Nyaris Karam

Kapal bermuatan kelapa tujuan Batam nyaris tenggelam di perairan Moro, Karimun. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Cuaca buruk dan kuatnya gelombang menyebabkan kapal KM Ariel Jaya 03 GT 6 bermuatan kelapa asal Guntung hampir tenggelam.

Kejadian itu terjadi di antara perairan Rukau Besar dan Rukau Kecil, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, pada Jumat (12/1/2018), kapal tersebut bertolak dari Indragiri Hilir, Riau, dengan tujuan Batam.

Kapal tersebut, diketahui membawa kurang lebih 40.000 kelapa yang akan dipasok ke PT Hengguan, Batam, tapi saat dalam perjalanan kapal diterjang ombak yang cukup kuat.

“Sekitar pukul 14.00 WIB, kapal di hantam ombak, sehingga membuat mesin mati karena air laut,” ucap Kapolsek Moro AKP Donris Pasaribu, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (15/1/2017).

Akibatnya, karena mesin kapal mati, kapal tersebut terobang-ombing dan terseret ombak hingga di perairan antara Rukau Besar dan Rukau Kecil perairan Kec Durai.

KM Ariel Jaya dengan nakhodanya Rustam, sempat lego jangkar, namun Tali Jangkar putus sehingga terdampar di atas karang perairan dan mengakibatkan kapal mengalami kerusakan berat bagian depan.

Dari keteranagan yang diperoleh, atas kejadian tersebut, kerugian mencapai Rp 300 juta, dengan 40.000 buah kelapa dan tidak ada korban jiwa.

Petugas dari Polisi dan Angkatan Laut masih melakukan evakuasi terhadap kapal, karena kapa tersangkut di karang, maka evakuasi menunggu pasangnya air laut.

"Iya benar, saat ini masih dilakukan evakuasi menunggu air pasang besar," kata Donris.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews