Banjir dan Longsor Rendam Puluhan Rumah di Tambelan

Banjir dan Longsor Rendam Puluhan Rumah di Tambelan

Banjir di Kecamatan Tambelan, Bintan, Kepulauan Riau (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Puluhan rumah di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, terendam banjir dan longsor, Minggu (14/1/2018). Sekitar 70 persen rumah warga Desa Batu Lepok termasuk masjid terkena banjir tersebut dan belasan rumah rusak di tiga desa lainnya.

Hujan yang melanda Tambelan selama tiga hari tanpa jeda menyebabkan tanah longsor dan banjir. 

Tanah longsor menyebabkan rumah ibadah Desa Kukup masuk tanah, Gedung Paud Desa Batulepok hancur, lapangan futsal, lapangan voli Desa hilir ketutup tanah.

Selain itu, puluhan rumah di empat kampung yakni di Kelurahan Teluk Sekuni, Batu Lepok, Desa Hilir dan Kukup kena tanah longsor.

Tokoh Tambelan di Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, pihaknya sekarang sudah membuka posko bagi warga Tambelan dan di Kepri yang ingin membantu meringankan beban warga Tambelan.Bantuan seperti bahan makanan, pakaian, maupun uang dapat disalurkan ke Ketua IKT Tanjungpinang Djumadi Yahya.

"Kita minta Pemda Bintan  melalui Badan Bencana Daerah untuk cepat bertindak menyelesaikan masalah bencana di Tambelan. Langkah langkah strategis harus cepat dilakukan," ujar Robby.

Sementara itu, menurut Devi Pratiwi, warga Tambelan, hujan tiga hari tiga malam tiada henti.Ditambah air laut pasang yang menyebabkan terjadi luapan sungai di Desa Batu Lepok. Akibatnya puluhan rumah di Batu Lepok banjir pada malam hari.

Sedangkan di Kelurahan Sekuni, terdapat beberapa rumah yang rusak berat akibat tanah longsor seperti rumah Sabarudin, Nuraibah, Siswandi, Erni, Ian Muttaqin, Fauzan, Azidin.

Sedangkan di Desa Hilir yang kena longsor Jalann Raya Desa Hilir, dan Batu Miring RT 005.

Di Desa Kukup yang kena longsor adalah rumah Abdullah Sani, masjid Dakwatul Hasanah, dan jalan raya RT 004 RW 02 Desa Kukup.

Sedangkan Desa Batulepok hampir 70 persen rumah kena banjir setinggi 50 cm hingga sepinggang orang dewasa.

Sejauh ini hujan masih terjadi di Tambelan dan dapat menyebabkan bahaya tanah longsor.

(adi)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews