Disdukcapil Lanjutkan Program Jemput Dokumen Kependudukan ke Rumah Warga

Disdukcapil Lanjutkan Program Jemput Dokumen Kependudukan ke Rumah Warga

Bupati Lingga, Ketua DPRD Lingga, Kadisdukcapil serta Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan saat melakukan koordinasi di Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI. (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Mewujudkan program pelayanan dokumen kependudukan langsung tanpa biaya, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga mengunjungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencacatan Sipil RI, Rabu (10/1/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Lingga, Muhammad mengungkapkan, dalam kunjungan tersebut, Bupati Lingga serta Ketua DPRD Lingga turut hadir langsung untuk mendampingi.

"Hal ini sangat diapresiasi oleh Kemendagri. Bahkan, kehadiran Bupati dan Ketua DPRD Lingga ini menunjukkan bahwa Bupati dan DPRD sangat mendukung program pemerintah pusat," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Kamis (11/1/2018).

Dia mengungkapkan, untuk menyukseskan program Bupati Alias Wello itu, Disdukcapil Lingga sudah mengaplikasikan dalam wujut program pelayanan langsung dari pintu ke pintu dan dokumen langsung dicetak di desa.

"Kecuali e-KTP yang tidak bisa kita cetak langsung. Program ini sudah kami laksanakan dari tahun 2017, dan pastinya akan kita lanjutkan tahun ini," ujar dia.

Setiap program yang dilakukan tidak semuanya berjalan mulus, kendala demi kendala pasti dilalui. Di tahun 2017 lalu, Disdukcapil sendiri mengalami keterbatasan anggaran untuk dapat terus turun ke setiap desa menjemput data.

"Kendala kita di 2017 hanya pada terbatasnya anggaran, sehingga tidak semua desa dapat kita kunjungi. Insya Allah tahun ini kita lanjutkan untuk desa-desa yang belum di kunjungi 2017," kata dia.

Diketahui, dengan adanya program pelayanan langsung dari pintu ke pintu dan dokumen langsung dicetak di desa tersebut, membuat masyarakat yang berada di wilayah pulau dapat terbantu. 

(Ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews