Tak Ada Hotel Bintang Tiga, Siswa SMK di Lingga Praktik ke Batam

Tak Ada Hotel Bintang Tiga, Siswa SMK di Lingga Praktik ke Batam

Zalmizri dan 9 siswa SMKN 2 Lingga ketika akan melakukan peraktek kerja industri perhotelan (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Sebanyak 9 pelajar Kelas XI SMKN 2 Lingga mengikuti praktik kerja industri di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Nantinya, 9 pelajar tersebut akan melaksanakan praktik kerja industri yang tersebar di dua Hotel bintang tiga seperti Hotel PIH dan IBIS. Mereka mengikuti selama tiga bulan dari tanggal 8 Januari - 8 April 2018.

Di Lingga memang tidak ada hotel bintang tiga apalagi bintang lima. Tak heran banyak siswa di Lingga selalu praktik kerja ke wilayah terdekat seperti Batam.

"Tujuan dari praktek ini tidak lain untuk meningkatkan skills di bidang industri perhotelan, sehingga kedepannya mampu menjadi SDM yang terampil dan profesional," kata Zalmidri yang merupakan guru SMKN 2 Lingga sekaligus pembimbing dalam kegiatan tersebut kepada batamnews.co.id, Selasa (9/1/2018).

Dia menjelaskan, praktek kerja industri yang dilakukan SMKN 2 Lingga ke Kota Batam merupakan angkatan ke-5. Di tahun sebelumnya, SMKN 2 Lingga juga telah melaksanakan praktek di beberapa hotel berbintang dan resort yang ada di Kota Batam seperti Nongsa Point Marina Resort, Harrist Resort, Hotel Holiday, Planet Holiday dan PIH.

"Ada siswa dan siswi yang telah lulus tahun sebelumnya saat ini sedang melanjutkan study nya di perguruan tinggi pariwisata seperti STP Bandung, STP Pekanbaru serta UIB Batam. Bahkan, ada yang mendapatkan beasiswa penuh serta bekerja di Kampus UIB Batam," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Usaha Jasa Pariwisata di Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lingga ini.

Diketahui, untuk meningkatkan SDM pariwisata sehingga kedepannya pelajar mampu menjadi penggerak dan penyeimbang  pembangunan pariwisata Kabupaten Lingga, SMKN 2 Lingga terus berupaya menjalin kemitraan dengan UIB Batam. 

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews