Anak Suku Laut Kongky Disarankan Belajar di Desa Penaah

Anak Suku Laut Kongky Disarankan Belajar di Desa Penaah

Aktivitas suku laut Kongky di Lingga (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Proses belajar mengajar warga Suku Laut Selat Kongky Desa Penaah, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepuauan Riau, semakin memprihatinkan.

Balai tempat biasanya mereka berkumpul roboh diterpa badai sejak 2016 lalu. Hingga kini belum ada perbaikan..

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga, Normadiah, mengatakan, sebaiknya anak suku laut pindah belajar ke Desa Penaah.

"Jarak tempuh dari Selat Kongky menuju Desa Penaah hanya dalam hitungan menit, jumlah anak usia sekolah per kelas ataupun pertingkat hanya dibawah 10 orang, jadi lebih efektiv anak-anak yang ada di Selat Kongky belajar di Desa Penaah saja," ujarnya kepada batamnews.co.id, Sabtu (6/1/2018).

Tenaga pengajar atau guru PNS yang ada di Desa Penaah itu pun boleh dibilang terpenuhi. Apalagi dengan jumlah murid yang ada  terbilang sedikit.

"Dana Desa kan ada tersedia, buatlah kesepakatan bersama Pemerintah Desa dan warga, agar anak-anak yang ada di Selat Kongky dibawa saja ke sekolah yang ada di Desa Penaah, dengan dibuatkan rumah singgah dan ibu asuh untuk mengurus makan minum mereka," ujarnya.

Ia menilai, jika permasalahan tersebut terus dikeluhkesahkan, maka hal tersebut tetap akan seperti itu. Pemerintah Desa harus duduk bersama masyarakat membicarakan permasalahan pendidikan warga Suku Laut Selat Kongky dengan tegas agar dapat diselesaikan. 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews