Balai Tempat Belajar Suku Laut di Lingga Memprihatinkan

Balai Tempat Belajar Suku Laut di Lingga Memprihatinkan

Aktivitas belajar anak suku laut di Kongky Lingga (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Balai tempat belajar-mengajar Suku Laut di Selat Kongky, Desa Penaah, Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga Kepulauan Riau, tak kunjung diperbaiki. Balai itu ambruk akibat terjangan badai pertengahan tahun 2016 lalu.

Padahal, balai tersebut merupakan bangunan penting bagi warga suku laut yang bermukim di pulau tersebut. Terlebih lagi, saat ini mereka belum semuanya tahu baca tulis.

Kepala Pelakasana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga Abdul Khatab mengaku, pihaknya sudah memasukkan proposal kepada pihak provinsi agar dapat dibangun kembali.

Namun, sayangnya BPDB Kepri yang menjadi tumpuan tidak kunjung memberikan kabar. Padahal, proposal itu sudah diajukan sejak tahun 2016 lalu.

"Sekarang saya lagi di Tanjungpinang, tadi saya sudah menguhubungi ajudan Gubernur, beliau menyarankan ke instansi terkait (BPBD Kepri). Inu saya mau ke BPBD Kepri mempertanyakan hal itu, mengapa sampai sekarang belum ada juga," kata dia ketika dihubungi batamnews.co.id, Kamis (4/1/2018).

Dia mengakui, permasalah robohnya balai tempat belajar warga suku laut itu memang sudah lama. Tapi, sampai sekarang, BPBD Kepri belum memberikan jawaban.

"Itu lah, belum ada jawaban sampai sekarang. Padahal, balai ini sangat penting. Mereka di sana orang suku laut, baru mualaf, Pak Wakil Bupati sudah bertanya terus," ujarnya.

Tidak adanya tanggapan terhadap balai tempat belajar mengajar warga suku laut Selat Kongky, terkesan BPBD Kepri kurang perhatian dan lamban dalam menyelesaikan masalah. Padahal,  BPBD sendiri memiliki banyak fungsi dalam membantu masyarakat terutama di bidang sosial. 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews