Pernah Tolak Pasien, RSUD Bintan Naik Kelas

Pernah Tolak Pasien, RSUD Bintan Naik Kelas

RSUD Bintan (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Buruknya pelayanan yang diberikan RSUD Bintan, Kijang hingga mengakibatkan warga Kelurahan Seinam, Rohaini (43) meninggal dunia pada 19 September 2017 lalu, ternyata tidak serta merta membuat pelayanan berubah.

Justru Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Indonesia menaikan akreditas RSUD Bintan menjadi Tipe C di tahun 2018 ini. Kenaikan tipe itu dilakukan atas dasar serangkaian penilaian yang dilaksanakan akhir Desember 2017.

"Kami ada dengar kalau akreditasnya naik. Kalau itu benar terjadi, sungguh aneh lah. Masih ingat kasus Rohaini kan. Itu bukti buruknya pelayanan RSUD tapi kok bisa dinaikan tipenya," ujar Andi, salah satu warga Kecamatan Bintan Timur, Rabu (3/1/2018).

Kendati demikian, Direktur RSUD Bintan, dr Benny tampak bangga dengan keberhasilan rumah sakit yang dipimpinnya naik kelas jadi Tipe C dari KARS. 

"Pada hari ini, pengumuman sudah dilakukan melalui website KARS. Dan kita sudah lulus akreditasi," katanya.

Banyak aspek-aspek yang dilalui dalam proses penilaian ini, bahkan sangat ketat. Yaitu pedoman Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang meliputi sasaran keselamatan pasien, standar keselamatan berfokus pada pasien, dan standar manajemen rumah sakit.

Kemudian, program-progam yang diterapkan secara nasional, dan Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan (IPKP) Rumah Sakit.

"Untuk penyerahan sertifikatnya, kami masih menunggu kabar dari KARS Indonesia. Yang jelas, mulai hari ini akreditasi rumah sakit kita sudah naik menjadi tupe C," jelasnya.

Agar akreditas RSUD Bintan tetap terjaga, Benny  berjanji akan terus membenahi dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Lalu, akan diupayakan untuk membuat ruang-ruang yang diperlukan. Seperti ICU dan kamar operasi berstandar nasional.

"Tahun ini ada pembangunan ruang-ruang baru. Semua ini dilakukan pemerintah supaya masyarakat bisa terlayani secara baik," tambahnya. 

(ary)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews