Pecinta Kucing Bakal Gelar Hari Donasi Kucing se-Kepri

Pecinta Kucing Bakal Gelar Hari Donasi Kucing se-Kepri

Salah satu mandiri rescue kucing kampung (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Komunitas pecinta kucing Batam, Kepulauan Riau, akan mengadakan hari donasi kucing se-Kepri (HDSK) pada tanggal 5-7 Januari 2018 di atrium Panbil Mall, Mukakuning. 

Ketua panitia HDSK menyampaikan acara ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan penekanan angka populasi kucing kampung yang ada di kota Batam, karena keberadaan kucing domestik dinilai sudah sangat banyak. 

"Setiap satu kilometer kita berjalan, pasti akan kita kucing kampung, makanya kita mengajak agar populasi kucing ini dapat ditekan," ujar Wang di Panbil Mall, Rabu (3/1/2018). 

Populasi kucing kampung yang sangat banyak menyebabkan banyak sekali dijumpai kucing kampung yang terlantar di kota Batam. 

Hal ini menimbulkan keprihatinan dari pecinta kucing dan banyak diantaranya memutuskan untuk mengadopsi kucing-kucing tersebut. 

"Daripada semakin banyak terlantar makanya kita suarakan untuk menekan populasi kucing kampung, karena kami juga tidak mampu untuk menampung kucing kampung karena keterbatasan biaya dan ruang juga," kata Wang. 

Beberapa anggota komunitas pecinta kucing yang disebut juga Mandiri Rescue sudah mengadopsi puluhan kucing kampung, diantaranya sudah mengadopsi 62 ekor kucing kampung yang ditemukan dari berbagai tempat. 

Maka melalui acara ini diharapkan dapat menyadarkan perilaku masyarakat Batam agar tidak sembarangan untuk membuang kucing kampung. 

Kegiatan ini akan diisi dengan Seminar & pameran, Fun Cat, foto bersama kucing serta berbagai perlombaan yaitu lomba makan, lomba kucing terberat, lomba ketangkasan serta lomba kostum. 

"Setiap perlombaannya dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu, kalau mengikuti 4 perlombaan bisa bayar Rp 70 ribu saja," jelasnya. 

Selain itu juga, acara ini juga akan memberikan kesempatan bagi para Mandiri rescue untuk mendapatkan vaksin dengan harga spesial, kemudian juga dapat melakukan sterilisasi terhadap kucing yang sudah diadopsi. 

"Kami juga menyediakan 50 ekor kucing kampung yang siap untuk diadopsi," kata Wang. 

(ret)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews