Liburan Akhir Tahun, Intip 7 Tips Asyik Menikmati Perjalanan

Liburan Akhir Tahun, Intip 7 Tips Asyik Menikmati Perjalanan

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Liburan akhir tahun memang menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak orang; entah itu pegawai kantoran hingga anak sekolah. Akhir tahun bisa jadi momen yang pas untuk ambil cuti kerja dan liburan bersama keluarga maupun teman.

Masih ada waktu untuk rencanakan mau kemana di akhir tahun ini. Agar liburan akhir tahun kamu lebih seru dan berkesan serta hemat, berikut ini ada 7 tips liburan akhir tahun seru yang bisa jadi referensi.

1. Pintar Cari Tiket Pesawat

Akhir tahun merupakan periode high season yang artinya sebagian besar harga tiket untuk transportasi dan akomodasi jadi lebih mahal hingga berkali lipat dari hari biasa. Hal ini wajar mengingat tingginya permintaan selalu sejalan dengan peningkatan harga. Namun untuk mengakali harga tiket mahal saat akhir tahun, mulai cari tiket pesawat ke destinasi tujuan dari sekarang.

Jangan ragu-ragu untuk segera booking tiket tersebut karena bisa dipastikan jika tiket saat akhir tahun tak akan jadi lebih murah saat kamu belinya terlalu mepet dengan tanggal keberangkatan. Manfaatkan juga promo dari berbagai situs penjualan tiket. 

2. Tempuh Jalur Darat

Jika destinasi pilihan kamu untuk liburan akhir tahun kali ini berada tak jauh dari kota asal, menggunakan transportasi darat seperti bus maupun kereta api bisa jadi opsi transportasi murah yang bisa dipilih.

Namun sejalan dengan tiket pesawat, tiket bus maupun kereta api juga bisa melambung saat akhir tahun tiba. Jadi jika ingin menggunakan jalur darat, segera beli tiketnya dari sekarang ya.

3. Pilih Destinasi Wisata Anti-Mainstream

Sama seperti pembahasan di poin satu, akhir tahun merupakan high season yang artinya destinasi wisata liburan populer di Indonesia maupun luar negeri pasti ramai dengan wisatawan. Jangan terpaku pada destinasi populer saja karena Indonesia punya banyak pilihan destinasi keren yang bisa dieksplor. Setiap wilayah memiliki "hidden gem" yang bisa dijelajahi saat liburan akhir tahun. Liburan pun akan jadi lebih bervariasi dan tidak disitu-situ saja.

Sah-sah saja sih jika kamu ingin liburan ke destinasi populer di Indonesia maupun luar negeri. Tapi kamu bisa jadi trendsetter di kalangan traveler dengan mengunjungi tempat tak biasa dan membagikan keindahannya melalui sosial media. Senang-senangnya dapat, viralnya pun dapat. Keren kan?

4. Pilih Akomodasi Terbaik

Sama seperti tiket pesawat, harga kamar hotel pun akan meroket di akhir tahun. Untuk menghindari kehabisan kamar apalagi harga yang terus melambung naik, ada baiknya kamu segera booking hotel di destinasi tujuan dari sekarang.

Pilih opsi hotel dengan harga termurah sesuai dengan budget liburan kamu. Jangan memaksakan menginap di resort jika budget liburan pas-pasan. Hotel boutique hingga hostel bisa jadi pilihan seru ketika liburan ke tempat baru. Pesan hotelnya sekarang juga dan manfaatkan berbagai diskon yang ditawarkan.

5. Ketahui Kondisi Cuaca

Jika kamu berencana liburan ke luar negeri di akhir tahun ini, pastikan kamu selalu up to date dengan kondisi cuaca di negara tujuan ya. Misalnya jika ingin ke negara-negara di Asia Tenggara umumnya kondisi cuaca tidak beda jauh dari Indonesia, sehingga kamu bisa membawa baju yang biasa-biasa saja.
 
Lain halnya jika kamu akan mengunjungi negara dengan empat musim. Akhir tahun tentu sudah masuk ke dalam musim dingin, sehingga kamu perlu menyesuaikan pakaian yang akan dibawa nantinya. Jangan sampai salah kostum ya karena bisa-bisa kamu malah harus menghabiskan uang ekstra untuk membeli pakaian yang sesuai di negara tujuan.

6. Berangkat Rame-rame 

Meski solo traveling menyenangkan, namun liburan akhir tahun akan lebih meriah jika kamu berangkat rame-rame dengan teman maupun keluarga. Akan ada banyak momen manis dan seru yang bisa tercipta, lebih banyak orang yang bisa diajak bicara, lebih banyak orang yang bisa sharing cost, yang bisa membantu mengambil foto keren dan masih banyak lainnya.

7. Waktu Keberangkatan yang Pas 

Kamu tidak wajib berangkat tanggal 31 Desember 2017 untuk disebut sedang liburan akhir tahun. Pilih tanggal keberangkatan terbaik, dari segi harga tiket pesawat / kereta / bus sekaligus mempertimbangkan keramaian tempat wisata yang akan kamu kunjungi di destinasi tujuan.

Meriahnya pesta kembang api saat malam pergantian tahun bisa dinikmati lewat televisi, YouTube dan juga sosial media. Jadi kamu tak perlu memaksakan harus berada di destinasi tujuan saat new year eve.

Sudah siap untuk liburan akhir tahun seru bersama keluarga maupun teman? Segera beli tiket pesawatnya sekarang juga sebelum harga semakin melambung tinggi ya!

Pastikan juga kamu memiliki itinerary yang lengkap agar momen liburan akhir tahun tak berakhir sia-sia karena bingung mau kemana saja sesampainya di destinasi tujuan.  

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews