Cek Malam Natal, Kapolda Kepri: Alhamdulillah Aman..

Cek Malam Natal, Kapolda Kepri: Alhamdulillah Aman..

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi saat mengecek malam Natal (Foto: Yude/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kapolda Kepri pimpin peninjauan pengamanan malam Natal di sejumlah gereja dan pos pengamanan dibeberapa tempat di kota Batam, Minggu (24/12/2017).

Tinjauan yang dipimpin oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi ini diikuti beserta rombongan yang terdiri dari Kepolisian kota Batam, TNI, dan juga ikut Wakil Walikota Batam, Amsakar yang turut serta meninjau langsung pengaman malam Natal tahun 2017.

Pada kegiatan peninjauan yang pertama, dilakukan dengan mengunjungi Gereja Katolik St Petrus, Lubuk Baja, yang bersebelahan rumah sakit Elisabeth.

Dari pantauan batamnews, Kapolda beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 20.25 WIB. Ia langsung melihat jemaat saat sedang melakukan ibadah dan bertemu salah satu perwakilan di lokasi.

Setelah sedikit berbincang dengan perwakilan dari gereja dan sudah memastikan bawah lokasi aman serta kondusif, rombongan kembali melanjutkan perjalan mengarah ke Posko Pengamanan  yang berada di depan Nagoya Hill , Pos Polisi Sektor Nagoya.

Di sana Didid mengatakan, tinjauan yang dilakukan pada malam ini, untuk memastikan dan memberikan rasa aman dan nyaman ibadah umat yang merayakan Natal.

"Kami menyampaikan selamat hari raya Natal, di perayaan Natal ini kita berharap akan membawa kedamaian. Dan menjadikan momentum, serta mempererat kebersamaan persatuan bangsa," ungkapnya.

Selanjutnya, tinjauan dilakukan di GPIB Immanuel Batam, serta Gereja Kristen Protestan Simalungun, Sei Panas Batam dan terakhir di Pos pengamanan yang berada di Batam Center, Tepatnya di depan gerbang utara yang mengarah ke arah Pelabuhan Internasional Batam Center.

Tampak iring-iringan rombongan yang panjang menjadi perhatian warga yang melihat.

Setelah kegiatan usai, Didid menyebutkan, pengamanan operasi lilin seligi dilaksanakan untuk mencapai adanya situasi yang aman dan nyaman, menjaga dari ancaman-ancaman kejahatan dan terosisme, serta dibidang lalu lintas.

“Dalam rangka perayaan Natal dan Tahun baru, itu pastinya akan terjadi pergerakan atau mobilitas dari satu tempat ke tempat lain,” ujar dia.

Untuk itu lanjut Didid, Polri, TNI beserta jajaran lainnya akan melakukan pengamanan di jalur-jalur baik itu di darat, laut dan udara.

“Kita pastikan, sarana transportasi yang akan digunakan untuk perayaan Natal dan tahun baru adalah aman. Aman sarananya, aman kapalnya, aman nahkodanya. Begitu pula di dalam sarana udara kita melakukan pengecekan, di bandar udara, bagaimana situasi bandar udara, apakah pesawat dan pilotnya layak terbang. Itu semua sudah kita lakukan,” paparnya.

Untuk kondisi pengamanan saat ini, Didid mengaku masih kondusif. 

“Alhamdulillah aman, jadi kami dari Polri dan TNI serta jajaran lainnya tidak sekedar mengatasi gangguan kamtibnas maupun lalu lintas. Kami juga ikut andil menjaga kesetanilan harga pangan,” ungkapnya.

Untuk pengamanan Natal dan Tahun baru ini ada sekitar belasan ribu personil dari gabungan Polri dan TNI, serta puluhan pos pengamanan dan pelayanan.

“Kekuatan pengamanan operasi lilin seligi ini kita didukung dari polri berjumlah 6.027, dari TNI 8027 personil. Jadi jumlahnya sekitar 14.545,” kata dia.

(yud)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews