Konsumsi BBM Diperkirakan Naik 104 %, Pertamina Tambah Pasokan

Konsumsi BBM Diperkirakan Naik 104 %, Pertamina Tambah Pasokan

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) I telah mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM jenis Gasoline di Kepulauan Riau menjelang Natal dan Tahun Baru. Diperkirakan, konsumsi mengalami kenaikan sebesar 104% persen dari penyaluran rata-rata normal sebesar 1.105 kiloliter per hari menjadi 1.149 kiloliter per hari.

Lonjakan konsumsi tertinggi diperkirakan akan terjadi pada H – 2 Natal, yang jatuh pada tanggal 23 Desember 2017. Pasokan BBM ke masyarakat di Kepri disuplai dari 4 terminal BBM, yakni TBBM Kabil di Batam, TBBM Tanjung Uban di Bintan, Teeminal BBM Kijang di Bintan, dan TBBM Natuna Group melalui 75 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Kepri.

Untuk kesiapan konsumsi LPG 3 kg diprediksi akan mengalami peningkatan jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di wilayah Kepri. Pertamina mengantisipasi lonjakan itu dengan menambah pasokan dan melakukan pendistribusian sesuai kebutuhan.

Pertamina MOR I telah melakukan antisipasi peningkatan kebutuhan LPG 3 kg dengan menambah pasokan sebanyak 178.000 tabung dari penyaluran harian rata-rata 48.000 tabung. 

Ketahanan pasokan LPG wilayah Kepri ditunjang oleh Depot LPG Tanjung Uban melalui 17 agen dan 2246 pangkalan LPG 3 Kg. 

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina MOR I memprediksi akan terjadi peningkatan kebutuhan bahan bakar Avtur di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Penyaluran harian normal avtur di Bandara Internasional Hang Nadim sebesar 270 kiloliter per hari diperkirakan akan melonjak hingga 7 persen menjadi 290 kiloliter perhari.

Ketahanan Stok Avtur di Bandara Internasional Hang Nadim ditunjang oleh Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Internasional Hang Nadim.

General Manager MOR I, Erry Widiastono menyampaikan bahwa Pertamina MOR I juga membentuk tim satgas Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (NARU) guna menjaga keamanan saluran distribusi produk. Tim satgas akan bersiaga di kantor region Pertamina MOR I, kantor cabang, TBBM hingga Depot LPG di seluruh wilayah MOR I. 

Periode satgas dimulai pada tangal 18 Desember 2017 dan berakhir pada tanggal 7 Januari 2017. 

Erry menambahkan bahwa pengamanan pasokan pada masa satgas berfokus di daerah yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. 

"Fokus pengamanan pasokan adalah lokasi yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat yang merayakan Natal, serta lokasi yang menjadi tujuan wisata masyarakat terkait libur tahun baru yang berbarengan dengan libur sekolah, dan jalur lintas Sumatera", ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews