Yonif Raider Khusus Bebaskan "Wali Kota" dari Sanderaan Teroris

Yonif Raider Khusus Bebaskan "Wali Kota" dari Sanderaan Teroris

Batalyon Infantri Raider khusus 136 Tuah Sakti menggelar latihan khusus untuk pimpinan kota Batam di dataran Engku Puteri, Sabtu (16/12/2017). (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Jajaran Batalyon Infantri Raider khusus 136 Tuah Sakti menggelar latihan khusus untuk pimpinan kota Batam di dataran Engku Puteri, Sabtu (16/12/2017). Dalam latihan itu para pasukan Raider membebaskan Wali Kota Batam dari sanderaan teroris.

Simulasi itu berlangsung di Kantor Wali Kota Batam di Jalan Engku Putri, Batam Centre, Kota Batam. Sejumlah pasukan Raider dengan senjata lengkap dan seragam, tampak mengendap-endap untuk membebaskan sandera termasuk wali kota.

Yonif Raider Khusus 136 Tuah Sakti merupakan satuan tempur di bawah Korem 033/Wira Pratama, Tanjungpinang. 

Danrem 033/Wira Pratama Brigjend Inf Gabriel Lema, mengatakan pasukan yang dikerahkan merupakan pasukan Raider khusus yang sudah latihan selama setahun.

Dan latihan ini dilaksanakan untuk melihat tingkat kemampuan akhir para prajurit sesuai dengan kualifikasinya.

"Latihan ini sudah dilakukan selama setahun sesuai dengan program yang kita canangkan," ujar Brigjen Gabriel. 

Latihan dilaksanakan selama 6 hari yang diikuti seluruh prajurit Yonif 136 yang sudah berkualifikasi Raider, baik yang kompi yang Batam, Tanjungpinang, Tanjungbalai Karimun dan Natuna. 

Gabriel menjelaskan bahwa latihan khusus ini dalam pengamanan pimpinan kota Batam nantinya jika dalam keadaan bahaya, bahaya yang dimaksud bisa serangan teroris atau ancaman lainnya. 

"Pasukan yang ikut latihan ini akan melakukan pengamanan terhadap pimpinan kota Batam atau pejabat penting lainnya dari serangan yang tidak diinginkan, kita evakuasi lalu diamankan," jelasnya. 

Lebih rinci, ia mengatakan alur pengamanan dimulai dengan pasukan datang ke tempat pimpinan kota Batam yang disandera. lalu membawa sandera tersebut dan dievakuasi menggunakan helikopter. 

"Jadi setelah sandera diamankan dibawa menggunakan helikopter yang sudah kita siapkan di tengah-tengah lapangan Engku Puteri," kata dia.

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews