Siang Ini, Nagoya Jadi Pusat Indonesia Culture Carnival 2017

Siang Ini, Nagoya Jadi Pusat Indonesia Culture Carnival 2017

Sejumlah model memperagakan Batam International Culture Carnival 2017 (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Batam International Culture Carnival 2017. Parade kebudayaan berlangsung di sepanjang Jalan Imam Bonjol Nagoya, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Sabtu (16/12/2017).

Ketua Panitia BP Batam International Culture Carnival 2017, Tri Novianta Putra mengatakan, event internasional tersebut bertujuan untuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara, dan ia berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam yang tengah anjlok. 

“Kegiatan ini akan menampilkan beragam kebudayaan yang ada di Indonesia jadi dapat mengenalkan di dunia Internasional,” ujar Tri di gedung BP Batam, Jumat (14/12/2017).

Dalam kegiatan tersebut, BP Batam International Culture Carnival 2017 akan menampilkan 127 kostum. Kegiatan ini diikuti 300 orang yang akan menggunakan berbagai kostum.

Selain parade kostum juga ada tarian nusantara seperti tari persembahan, rentak melayu, gending sriwijaya, tari dayak, ogoh-ogoh bali, topeng ireng magelang, reog ponorogo, barong mustika joyo, kereta kencana krisna dan tari piring. 

"Sebanyak 127 kostum akan ditampilkan dalam parade terdiri dari Jember Fashion Carnival, Solo Batik Carnival, Sangsapurba, Tepak Sirih, Regalia/Cogan, Makyong, Jong, Seafood Paradise dan parade kesenian nusantara," katanya.

Tidak hanya menampilkan para seniman nusantara, acara tersebut juga menghadirkan seniman mancanegara sperti dari International World Peageant.

Pada puncak acara, nantinya akan dimeriahkan juga dari artis Ibukota. Tri mengatakan pelaksanaan parade akan dilakukan dari siang hingga sore hari.

"Acara ini juga akan dimeriahkan artis ibu kota Iyeth Bustami," katanya. Parade kata Tri dilakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga sore hari. 

Kemudian pada malam hari dilanjutkan dengan Festival Kampung Bule Nite Carnival yang akan menampilkan kesenian modern.

Seperti free juggling, fire dance, braziliam dance, bally dance, kompetisi bartender serta ada penampilan DJ asal Rusia Daria Potapova. 

Sementara itu, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan bahwa kegiatan tersebut diadakan juga sebagai rangkaian HUT hati jadi Kota Batam ke-188 tahun 2017.

"Harapannya acara ini dapat sukses dan lancar, karena Ini bagian dari upaya kita untuk membangkitkan  pariwisata di Batam," ujarnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews