Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018

Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018

BATAMNEWS.Co.ID, Batam - Asian Para Games (APG) 2018 akan dilaksanakan di Indonesia dan akan diikuti sekitar 3.000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial di Asia Tenggara. 

Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan akan dilagakan selama delapan hari pada 6-13 Oktober tahun depan. 

“Kita berkesempatan menjadi tuan rumah dari Asian Para Games (APG) 2018 yang dilaksanakan di Jakarta,” ujar Ketua Umun INAPGOC, Raja Sapta Oktohari di Mega Mall Batam, Rabu (13/12/2017).

Pada kesempatan tersebut, Raja menjelaskan bahwa kota Batam merupakan kota pertama untuk mensosialisasikan APG 2018, dimana untuk menyampaikan pesan bahwa APG 2018 tidak hanya berbicara tentang kompetisi namun juga pesan kemanusiaan mengenai penyandan disabilitas. 

Indonesia juga menjadi tuan rumah dari Asian Games 2018 yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang, berbagai persiapan juga sudah mulai dilakukan termasuk juga untuk APG 2018. 

Melalui Indonesia 2018 Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) yang saat ini sudah melakukan beberapa tahap persiapan, termasuk di antaranya melakukan sosialisasi, seperti yang saat ini sedang dijalankan pada 20 titik di 16 kota di Indonesia.

“Batam kota pertama untuk kita mensosialisasikan APG 2018,” kata Raja
Di Batam, booth APG 2018 diadakan di Mega Mall Batam dari 13-15 Desember 2017. Booth yang ada di Mega Mall sendiri akan memberikan interaktif games bagi para pengunjung Booth, selain itu juga membuka pendaftaran bagi para relawan untuk APG 2018 mendatang. 

“Kita mengenalkan apa itu atlet penyandang disabilitas, melalui permainan interaktif, dan juga kita buka pendaftaran untuk relawan APG 2018,” ujar Dirut PR Media INAPGOC, Ashgindo Fachreza Nasution. 

Dengan slogan “The Inspiring Spirit and Energy of Asia”, APG 2018 hadir dengan empat misi, yaitu determination, courage, equality, dan inspiration. Keempat misi ini diharapkan dapat memperkenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik maupun mental. 

Namun dalam persiapan APG 2018 banyak tantangan yang dihadapi, seperti menyiapkan asrama atlet untuk penyandang disabilitas. Tempat pelaksanaan APG 2018 di Jakarta memang sudah ramah akan penyandang disabilita namun belum sepenuhnya dapat mendukung. Beberapa renovasi akan dilakukan untuk memenuhi setiap kebutuhan pertandingan yang menyesuaikan dengan kebutuhan para atlet, seperti elevator dan kamar mandi yang dapat mudah diakses oleh kursi roda. 

“Ini menjadi tantangan kita, bagaimana cara kota memodifikasi asrama atlet untuk penyandang disabilitas, kemudian akomodasi mereka, kita ingin agar para atlet tetap nyaman sewaktu APG 2018 mendatang,” kata Raja. 

Melalui momen ini Indonesia memiliki kesempatan untuk membuktikan diri untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri, dan tanpa diskriminasi untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat, serta menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang ramah disabilitas.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews