Jumlah Pengidap HIV di Karimun Terus Turun

Jumlah Pengidap HIV di Karimun Terus Turun

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Drs. Rachmadi. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Penderita HIV di Kabupaten Karimun dilaporkan menurun dari tahun ke tahun dan banyak juga yang telah tidak terdeteksi virus HIV setelah menjalani pengobatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Drs. Rachmadi mengatakan, untuk jumlah pengidap HIV sampai awal Desember 2017  tercatat sebanyak 91 kasus, menurun dari tahun sebelumnya.

“Hingga kini awal Desember 2017, ada 91 kasus HIV, dan menurun dibanding tahun lalu,” ucapnya.

Di tahun 2015, jumlah pengidap HIV yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun sebanyak 154 kasus, sementara di tahun 2016 berjumlah 118 kasus.

Rachmadi menyebut, HIV juga menyerang ibu hamil, setelah dilakukan pemeriksaan, dari 3.500 ibu hamil, empat orang dinyatakan positif HIV di tahun 2017.

"Untuk tahun lalu (2016), dari 2184 ibu hamil, 8 dinyatakan positif, tapi untuk tahun ini berkurang,” katanya, Kamis (7/12/2017)

Lanjutnya, Dinas Kesehatan sampai saat ini masih mencari dan turun ke lapangan untuk mencari yang positif HIV.

Bahkan untuk wanita malam, tim dari Dinas Kesehatan juga turun dan menyambangi para pekerja malam tersebut.

“Sangat disayangkan, sampai saat ini kita masih mencari dan datangi, bahkan sampai ke pulau-pulau. Seharusnya mereka sadar, kan itu untuk kesehatan mereka, terutama mereka yang rentan dan berisiko tinggi terkena HIV,” kata Kepala Dinas Kabupaten Karimun.

Dia menjelaskan, sekali tiga bulan, bagi orang yang rentan dan berisiko tinggi terjangkit HIV untuk melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, untuk stok obat HIV Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun tidak kekurangan. "Obat HIV tidak boleh putus dan kita juga disupport penuh oleh pusat,” ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews