Ini 7 Tips Hemat Uang saat Liburan

Ini 7 Tips Hemat Uang saat Liburan

Ilustrasi liburan. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Libur panjang menjadi waktu menyenangkan untuk memanjakan diri sendiri, dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Akan tetapi, kadang saat liburan juga dapat habiskan uang.

Bahkan saat libur juga bisa menguras tabungan. Tak hanya itu, momen liburan juga dapat menimbulkan utang besar. Bila tidak merencanakan keuangan baik untuk hadapi libur panjang malah dapat merusak waktu liburan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya merencanakan dan menabung sejak awal untuk mendapatkan momen liburan yang diinginkan dan menyenangkan.

Ingin liburan Anda menyenangkan namun tak perlu kuras uang? Berikut tipsnya seperti dikutip dari laman gobankingrates.com, Sabtu (2/12/2017):

1. Tetapkan anggaran

Entah Anda sedang hadiri acara bertemakan liburan, pergi makan, jalan-jalan, sebaiknya telusuri dan tetapkan anggaran untuk liburan Anda apa pun kegiatan yang dijalani.

2. Tetap jadi diri sendiri

Jangan terjebak dengan iklan untuk membeli barang, bahkan bila ada diskon sekalipun. Hindari iklan, serta cobalah untuk tidak membandingkan kebiasaan belanja liburan Anda dengan orang lain.

3. Rapihkan lemari pakaian

Bila Anda ingin habiskan liburan di rumah saja dan ingin berhemat, coba menengok lemari pakaian Anda. Apakah kondisinya berantakan dan rapi? Kalau berantakan coba rapihkan. Atau Anda bisa memilih pakaian yang sudah lama tidak dipakai untuk disumbang atau diberikan sebagai hadiah. 

4. Hindari membayar dengan kredit

Mungkin strategi yang bagus untuk menggunakan kartu kredit saat liburan. Akan tetapi pastikan Anda tidak membelanjakan lebih banyak dari kemampuan Anda. Terjebak dengan bunga kartu kredit tinggi dapat membuat keuangan berantakan. Bahkan Anda membayar lebih mahal untuk liburan.

5. Hemat belanja kebutuhan makanan di rumah

Periksa lemari makanan sebelum berbelanja. Ini untuk memastikan Anda tidak membeli ekstra untuk makanan dan bumbu yang sudah dimiliki. Ditambah, Anda juga bisa mengganti resep makanan sedikit untuk menggunakan apa yang sudah Anda miliki.

6. Masak makanan favorit

Bila Anda habiskan liburan panjang di rumah, mungkin masak makanan favorit bisa jad pilihan. Ketimbang Anda habiskan uang dengan makan di restoran, makan di rumah juga murah meriah dan sehat. Pastikan Anda masak makanan yang disukai keluarga, agar dapat dinikmati dengan senang sehingga tidak ada yang akan melewatkan hidangan itu.

7. Buat kenangan bukan hadiah

Buat kenangan dengan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai daripada membeli membeli hadiah yang sempurna. Fokus untuk menghabiskan waktu bersama-sama dan bersenang-senang ketimbang habiskan uang.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews