Korsel: Uji Coba Rudal Balistik Korut Sukses, Mampu Capai Washington!

Korsel: Uji Coba Rudal Balistik Korut Sukses, Mampu Capai Washington!

Uji coba rudal balistik antar benua (ICBM) tipe terbaru milik Korea Utara. (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Seoul - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menggambarkan proyektil yang ditembakkan oleh Korea Utara (Korut) sebagai rudal balistik antar benua baru (ICBM). Rudal yang diluncurkan pada Rabu dini hari itu mampu terbang lebih dari 13 ribu kilometer.

Dalam sebuah laporan kepada parlemen Korsel, kementerian tersebut mengatakan Korut diyakini telah berhasil melakukan uji coba rudal pada Rabu lalu. Rudal Hwasong-15, yang diluncurkan dari sebuah lokasi di utara Pyongyang, dilaporkan menempuh jarak 950 kilometer pada ketinggian maksimum 4.475 km untuk masuk ke Laut Timur.

"Uji coba ini dinilai berhasil. Dalam kasus rudal itu diluncurkan pada sudut normal, ia akan mampu terbang lebih dari 13.000 km. Itu berarti dapat mencapai Washington D.C.," kata kementerian tersebut seperti disitir dari Yonhap, Jumat (1/12/2017).

Kementerian pertahanan Korsel menambahkan, bagaimanapun, diperlukan verifikasi tambahan untuk masuk kembali ke atmosfir, teknologi panduan presisi fase akhir dan kondisi hulu ledak sebelum menyimpulkan apakah rudal jarak jauh itu dapat diandalkan.

Kementerian ini menggambarkan Hwasong-15 sebagai ICBM baru dengan tampilan dan fitur yang sangat berbeda dengan model sebelumnya, yaitu Hwasong-14.

"Hwasong-15 dua meter lebih panjang dan berdiameter 0,4-0,8 meter lebih lebar," kata kementerian tersebut, yang tampaknya mendasarkan pengukuran ini pada analisis foto yang dikeluarkan oleh Korut sehari sebelumnya.

Peluncur erektor transporter rudal yang baru (TEL) memiliki sembilan roda di setiap sisi, yang sebanding dengan 16 roda TEL Hwasong-14. Otoritas pertahanan Korsel itu menambahkan tahap pertama Hwasong-15 menggunakan sekelompok dua mesin Hwasong-14, dan analisis mesin tahap kedua sedang berlangsung.

"Ukuran body tahap kedua meningkat tiga atau empat kali dibandingkan dengan Hwasong-14," kata kementerian itu mengakhiri.

Kim Jong-un tertawa

Korea Utara (Korut) merilis puluhan foto peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15 yang secara teoritis mampu menjangkau wilayah Amerika Serikat (AS) sukses melesat. Salah satu foto menunjukkan pemimpin Korut Kim Jong-un tertawa menyaksikan rudal tersebut meluncur.

Foto-foto tersebut dilansir Rodong Sinmun, surat kabar rezim Pyongyang pada hari Kamis. Rudal terbaru yang diuji tembak terlihat lebih besar dengan peluncur mobile yang diproduksi di dalam negeri. 

“Rudal Hwasong-15 cukup kuat untuk membawa hulu ledak nuklir super berat yang bisa menyerang seluruh daratan di AS,” tulis surat kabar tersebut.

Foto-foto yang dirilis rezim Kim Jong-un itu dimanfaatkan para ahli untuk menganalisis kemampuan senjata terbaru Korut.

Media pemerintah Korut, KCNA, ikut melansir foto-foto pelucuran ICBM Hwasong-15. Kim Jong-un dalam salah satu terlihat tertawa lepas bersama para pejabat di depan monitor yang merinci lintasan peluncuran rudal tersebut.

Pemerintah Pyongyang telah mengonfirmasi bahwa rudal terbaru yang ditembakkan kemarin mencapai ketinggian sekitar 4.475 km (2.780 mil)—lebih dari 10 kali ketinggian Stasiun Luar Angkasa Internasional—dan terbang sejauh 950 km (590 mil) selama penerbangan 53 menit.

Sebelumnya, Kim Jong-un menyatakan kebanggaannya dengan terobosan program senjatanya. Menurutnya, ICBM Hwasong-15 yang diuji tembak menjadi sejarah Korut sebagai negara berekuatan nuklir.

”Setelah menyaksikan peluncuran yang sukses dari tipe baru ICBM Hwasong-15, Kim Jong-un menyatakan dengan bangga bahwa sekarang kita akhirnya menyadari penyebab sejarah yang hebat dalam menyelesaikan kekuatan nuklir negara,” bunyi pernyataan pemerintah Korut yang dibacakan seorang presenter stasiun televisi negara komunis tersebut.

Kim secara pribadi memimpin uji coba rudal tersebut. Dia mengatakan bahwa peluncuran terbaru itu “sempurna” dan kendaraan baru peluncur rudalnya sebagai “terobosan”.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews