Kerugian Kebakaran Kampung Cina Daik Dua Kali Lipat PAD Lingga

Kerugian Kebakaran Kampung Cina Daik Dua Kali Lipat PAD Lingga

Para korban kebakaran di Kabupaten Lingga (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, saat ini sedang berduka. Kebakaran dahsyat membuat sekitar 59 bangunan ruko hingga pos kamling ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 53 miliar. Nilai ini persis dua kali Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lingga per tahunnya yang hanya Rp 22 miliar.

Kebakaran dahsyat meratakan bangunan yang ada di Kampung Cina Kelurahan Daik sama rata tanah. Hanya tinggal puing-puing bekas bangunan yang sebelumnya berdiri kokoh kini tersisa.

Kapolsek Daik Lingga Iptu Sugianto mengatakan, penanganan kebakaran tersebut telah dilakukan sejak terjadinya kebakaran pada Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 01.00 WIB dinihari tadi.

Namun, penyebab pasti kebakaran dahsyat tersebut masih belum diketahui. 

“Kita mengetahui ini kebakaran. Tapi kita belum tahu secara pasti penyebabnya. Awal itu dari mana, walau ada pekembangan informasi dari belakang tapi kita belum berani sebutkan secara pasti,” ujar dia saat di konfirmasi sejumlah awak media, Selasa (28/11/2017).

Dari data yang dihitung ada 59 bangunan terdiri dari 48 toko, 4 tempat tinggal, 5 gudang, 1 poskamling, dan 2 penginapan habis dilalap si jago merah. 

Beruntung, dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Namun ada 35 KK terdiri dari 123 jiwa yang dievakusi. Jika dihitung dari kurugian fisik telah menghabiskan lebih kurang sekitar Rp53 Miliar yang terdiri dari kerugian materi dan bangunan.

“Kita akan segera lakukan pendataan. Secepatnya kita juga minta tim forensik dari Medan untuk mengecek sumber api,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dugaan sementara penyebab kebakaran yang terjadi di kampung Cina, Daik Lingga menurut beberapa sumber berasal dari belakang pertokoan bagian sempadan sungai pasar lama akibat konsleting listrik. Namun hal tersebut masih terus dipastikan kebenarannya oleh pihak kepolisian. 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews