Pemkab Lingga Inventarisir Kerugian Korban Kebakaran di Kampung Cina

Pemkab Lingga Inventarisir Kerugian Korban Kebakaran di Kampung Cina

Kondisi Kampung Cina, Daik Lingga Pascakebakaran hebat Senin (27/11/2017) malam. (Foto: Ruzi/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga berupaya membantu korban kebakaran di Kampung Cina Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, yang terjadi pada Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kebakaran membuat sejumlah bangunan di lokasi itu rata dengan tanah. Duka tersendiri bagi warga Daik Lingga.

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar yang turun ke lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi berkaitan dengan anggaran di APBD-P 2017. 

Pasalnya, pada anggaran tersebut terdapat anggaran untuk bencana, kurang lebih sekitar Rp500 juta.

"Jadi, ini anggarannya apakah bisa digunakan atau tidak, kita belum tau. Tapi konsep suratnya sudah dibuat seperti contoh sebagaimana KUD Pelantar 1 yang di Tanjungpinang pernah kebakaran juga kemarin. Jadi konsep itu apakah boleh di teken, siapa yang ada di tempat, kalau boleh kita akan teken segera. Tapi pimpinan daerah nanti yang teken itu," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (28/11/2017).

Selain itu, Nizar mengaku pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun termasuk Sekda Provinsi.

"Pendataan ini kita lakukan lebih awal, karena nanti dari pemerintah provinsi lewat Dinas Sosial Kabupaten dengan Dinas Sosial Provinsi akan berkoordinasi, apa yang perlu dibantu, apakah dalam bentuk barang, ataupun dalam bentuk uang. Apakah per KK atau per orang. Begitulah nantinya," ujar Nizar.

Pantauan di lapangan, saat ini Dinas Sosial Kabupaten Lingga, Pemkab Lingga serta Polsek Daik telah menyiapkan posko pengaduan di samping Kantor Polsek Daik yang juga berada di lokasi kejadian.

(RUZ)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews