Jangan Beli Smartphone Saat Pertama Rilis, Ini Alasannya!

Jangan Beli Smartphone Saat Pertama Rilis, Ini Alasannya!

Smartphone

BATAMNEWS.CO.ID - Setiap tahunnya banyak brand dunia merilis smartphone terbaru. Sebagai contoh Samsung merilis flagship Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Ada juga Apple yang memperkenalkan lini iPhone 8 dan iPhone X yang menjadi hype dunia.

Siapa sih yang tak sabar untuk memiliki smartphone terbaru? Merasakan pengalaman terbaik lebih awal tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi tunggu dulu, jangan beli smartphone saat pertama rilis! Ini dia alasannya.

1. Masih Terdapat Banyak Bug

Masih Terdapat Banyak Bug

Foto: theverge.com

Hal pertama yang paling banyak dikeluhkan saat pertama kali smartphone dirilis adalah . Masalah ini bisa saja berasal dari software maupun hardware smartphone itu sendiri. Sebagai contoh isu pada layar Google Pixel 2 XL dan iPhone X.

Beberapa waktu ke belakang layar Pixel 2 XL pernah bermasalah dengan isu burn-in. Lain lagi dengan layar bezel-less iPhone X yang menampilkan garis hijau pada bagian tepi. Jadi mau mau beli smartphone saat pertama rilis nggak?

2. Dengar Tanggapan Reviewer Teknologi

Dengar Tanggapan Reviewer Teknologi

Foto: bgr.com

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sebelum membeli smartphone baru. Salah satunya adalah mendengar tanggapan reviewer mengenai smartphone favoritmu. Di sini kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Banyak website dan channel YouTube yang bisa kamu lihat untuk melakukan hal ini. Bahkan beberapa reviewer memberikan tanggapannya saat hari perilisan smartphone tersebut.

3. Perhatikan Penurunan Harga Smartphone

Perhatikan Penurunan Harga Smartphone

Foto: techcrunch.com

Setelah mengetahui tanggapan para reviewer, kamu sebaiknya juga memperhatikan penurunan harga smartphone saat pertama kali rilis. Jangan terjebak pada hype, karena dapat dipastikan beberapa bulan smartphone yang kamu incar bakal turun harganya.

Sebagai contoh Essential Phone yang merupakan smartphone flagship dengan Snapdragon 835 kini dijual US$499 atau sekitar Rp 6,7 juta. Padahal harga awalnya US$699 atau sekitar Rp 9,4 jutaan. Drastis banget turunnya!

4. Jangan Sampai Terjebak Hype

Jangan Sampai Terjebak Hype

Foto: news.sky.com

Di antara kamu pasti ada saja yang tergiur untuk membeli smartphone yang baru saja rilis. Bakal jadi kebanggan tersendiri pastinya saat kamu menggunakan kan? Namun jangan buru-buru, bisa saja kamu hanya terjebak hype!

Pasalnya terkadang perusahaan smartphone malah merilis pembaruan hanya dalam hitungan bulan saja. Nah, contohnya OnePlus 5T yang membawa perubahan minor dirilis hanya selang 6 bulan dari OnePlus 5. Soal harga, OnePlus 5T tidak dibanderol terlalu jauh dari pendahulunya. Rugi kan?

5. Beli dengan Pertimbangan Matang

Beli dengan Pertimbangan Matang

Foto: pctechmag.com

Kamu sebenarnya tetap bisa memboyong smartphone saat pertama dirilis, asal tidak bermasalah dengan alasan-alasan di atas. Yang terpenting kamu membeli dengan pertimbangan matang dan tahu akan resikonya.

Disarankan, belilah smartphone yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Daripada mengikuti hype, lebih baik pilihlah smartphone dengan bijak supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Akhir Kata, itulah alasan kenapa jangan beli smartphone saat pertama rilis. Selain terjebak akan hype, sebenarnya smartphone yang kamu incar kadang melebihi kebutuhanmu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews