HMSI Kepri Gelar Seminar Adat Simalungun di Batam

HMSI Kepri Gelar Seminar Adat Simalungun di Batam

Rapat pertemuan tokoh Simalungun di Batam. (Foto: Kokorimba/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia  (HMSI) Provinsi Kepri akan menggelar Seminar Adat Simalungun serta malam Marsombuh Sihol yang akan digelar di Harmoni One Hotel Batam Centre, Kamis (30/11/2017).

Dalam kegiatan tersebut akan diadakan dua acara yakni Seminar Adat Simalungun pada pukul 09.00-17.00 serta malam Marsombuh Sihol pada pukul 19.00-hingga selesai. 

Ketua Umum DPD HMSI Kepri Sahmadin Sinaga kepada batamnews.co.id saat ditemui, Senin (27/11/2017) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa kepedulian dan tanggung jawab masyarakat Simalungun untuk mempelajari, menjaga dan melestarikan budaya Simalungun agar belajar dan memahami serta melaksanakan adat istiadat didalam kehidupan sehari hari. 

"Sebagai salah satu sub - etnis Batak, orang Simalungun adalah bagian tak terpisah dari dinamika peradaban masyarakat di bagian Sumatera Timur dan publikasi tentang Simalungun khususnya di Kepri belum sangat dikenal masyarakat  namun kontribusi sub etnis Simalungun terhadap perjalanan sejarah adalah sama berharganya dengan sungguh etnis Batak lain baik dalam rangka peradaban masyarakat Batak maupun dalam lingkup lebih luas yakni sejarah Indonesia dan dunia Internasional, "terang Sahmadin Sinaga. 

Sahmadin menambahkan, kegiatan ini merupakan hasil keputusan seminar kebudayaan Simalungun yang I pada tahun 1964 dimana ada 7 poin rumusan yang harus dilaksanakan oleh masyarakat suku Batam Simalungun. 

Selain itu sambung anggota DPRD Provinsi Kepri tersebut, Marsombuh Sihol merupakan kegiatan orang orang Simalungun yang mengadakan pesta dimana yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah melepas rindu. 

Sahmadin menuturkan, dalam acara Marsombuh Sihol tersebut biasanya diisi dengan bernyanyi dan menari dengan memakai pakaian adat lengkap. 

Sahmadin mengajak kepada seluruh masyarakat Simalungun yang berada di perantauan Provinsi Kepri untuk hadir didalam acara tersebut untuk bersama sama melestarikan budaya Simalungun serta sebagai momentum serta wadah untuk bersilahturahmi juga untuk hiburan bagi seluruh warga Simalungun yang bermukim ditanah Rantau. 

"DPD HMSI provinsi Kepulauan Riau mengajak kepada seluruh masyarakat Simalungun yang berada di perantauan Provinsi Kepri untuk hadir didalam acara tersebut untuk bersama sama melestarikan budaya Simalungun serta sebagai momentum serta wadah untuk bersilahturahmi juga untuk hiburan bagi seluruh warga Simalungun yang bermukim ditanah Rantau," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews