Belacan Pekake, Oleh-oleh Favorit di Stan Kecamatan Lingga Timur

Belacan Pekake, Oleh-oleh Favorit di Stan Kecamatan Lingga Timur

Jon sedang membungkus belacan di stan Kecamatan Lingga Timur. (foto: ruz/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Sejumlah stan bazar dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga ikut memeriahkan Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu. Acara ini disejalankan dengan HUT ke-14 Kabupaten Lingga di Halaman Kantor Bupati Lingga, Daik.

Salah satu kecamatan yang ikut hadir yakni Kecamatan Lingga Timur. Di dalam stan yang bergabung tiga dengan Kecamatan Lingga Utara dan Senayang ini menanpilkan beberapa oleh-oleh khas.

Jon salah seorang pengurus stan Kecamatan Lingga Timur mengungkapkan, adapun produk khas yang menjadi sasaran sejumlah pengunjung adalah Belacan (Trasi) Pekake.

Menurut Jon, rasa yang khas membuat Belacan Pekake semakin diminati oleh masyarakat untuk menambah cita rasa yang nikmat ketika dicampur dengan masakan ataupun dibuat sambal.

"Dari awal dibuka, sudah banyak belacan yang laku. Kemarin habis 10 kg. Setelah itu kita ambil lagi. Belacan sama kerupuk ikan jadi sasaran pengunjung," ujar dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (24/11/2017).

Ia mengaku, bukan hanya masyarakat dalam daerah yang menjadi peminat belacan tersebut. Akan tetapi, para wisatawan dari Malaysia, Singapura dan beberapa daerah luar lainnya juga menjadikan Belacan Pekake sebagai oleh-oleh.

"Belancan ini dibuat di Desa Pekake yang memang terkenal dengan belacannya. Kalau untuk di Lingga, gaung belacan ini memang sudah terkenal," ujarnya.

Dikatakannya, untuk di stan Kecamatan Lingga Timur ini, belacan sudah dikemas serapi mungkin. Sehingga, para pembeli akan lebih mudah untuk membawa pulang.

"Satu kampit (bungkus) itu seharga Rp 35.000. Beratnya setengah kilo," katanya.

Bukan hanya dijual di stan kecamatan. Akan tetapi, bagi para pengunjung yang berminat, bisa mendapatkan belacan dengan cita rasa luar biasa ini di Gerai Kecamatan Lingga Timur di Kantor Kecamatan nya di Desa Sungai Pinang.

Bukan hanya belacan, akan tetapi pihak kecamatan juga menyediakan kerupuk ikan memparang, nos kering, kerajinan lekar serta berbagai jenis produk unggulan dari masing-masing desa yang masuk ke Kecamatan Lingga Timur tersebut. 

(Ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews