PT BRC Berikan Beasiswa Pendidikan Gratis Kepada 753 Pelajar dan Mahasiswa Bintan

PT BRC Berikan Beasiswa Pendidikan Gratis Kepada 753 Pelajar dan Mahasiswa Bintan

GM Administrasi BRC Aditya Laksama bersama Kadisdik Bintan Tamsir saat serah terima bantuan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Bintan. (Foto: Ary/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa dan perlengkapan belajar kepada 753 anak Bintan. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi (PT).

Penyerahaan beasiswa itu dilaksanakan dalam acara Bursary Scholarship Excellence Awards 2017 di Ballroom Bintan Lagoon Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Rabu (22/11/2017).

General Manager (GM) Administrasi PT BRC, Aditya Laksamana mengatakan program bantuan pendidikan untuk anak Bintan ini merupakan yang ke 18 kali dilaksanakan. Mulai dari tahun 1999 sampai 2017 bantuan itu telah diberikan kepada 10.858 orang.

"Khusus di tahun ini kita berikan 753 anak beasiswa dan perlengkapan belajar. Kalau dari awal sampai sekarang penerima bantuan ini sudah 10.858 orang," ujar Aditya.

Program bantuan pendidikan ini ada tiga kategori. Yaitu bagi siswa dari keluraga prasejahtera (bursary), siswa yang berperestasi (scholarship) dan siswa dengan potensi karya yang luar biasa ( excellence award).

Penerima kategori bursary dan scholarship ini diusulkan oleh masing-masing sekolah. Sedangkan penerima kategori  excellence award ini diberikan kepada anak-anak yang memiliki prestasi diberbagai bidang dan mampu mengharumkan nama sekolah dan daerah.

"Penerima bantuan kategori bursary ini sebanyak 453 orang, scholarship sebanyak 297 siswa dan excellence award hanya 3 orang," katanya.

Aditya menambahkan bahwa khusus excellence award ini hanya tiga orang saja yang berhak menerimanya. Sebab anugerah ini diberikan dari hasil seleksi ketat oleh PT BRC terhadap anak-anak yang memiliki prestasi dan karya yang luar biasa.

Setiap jenjang pendidikan baik itu SD, SMP, dan SMA akan dipilih masing-masing satu anak. Mereka itulah yang diberikan dan berhak mendapatkan anugerah excellence award 2017.

"Anugerah yang kami berikan untuk tingkat SD diraih Filliani Meysari dari SDN 003 Sebong Lagoi, tingkat SMP diraih  diraih Elang Nusa Bintan dari SMP Tunas Bangsa dan  tingkat SMA diraih Dhimas Arya Sukanto dari SMAN 1 Bintan Utara," jelasnya.

Selain bantuan kepada anak SD, SMP dan SMA. PT BRC juga memberikan beasiswa kuliah gratis kepada pelajar lulusan nilai terbaik. Mulai dari perguruan tinggi di dalam dan luar daerah.

Khusus kuliah gratis di luar daerah diberikan kepada Imam Mahdi dengan berkuliah di Universitas Diponegoro Semarang. Kemudian, Agus Widodo di Universitas Singaperbangsa Karwang dan Ruri Sukmawati Dewi di Universitas Negeri Jambi.

Lalu, diberikan juga beasiswa kuliah gratis kepada 60 anak Bintan untuk menempuh pendidikan di Center for Tourism Education (CTE) atau lebih dikenal dengan Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) Lagoi.

"Biaya mereka kuliah akan kita tanggung. Bahkan tempat tinggal dan kehidupan sehari-hari mereka sampai wisuda akan kita penuhi seluruhnya. Jika lulus nanti mereka langsung bekerja di perhotelan Kawasan Lagoi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir memberikan apresiasi kepada PT BRC yang telah lama membantu perkembangan dunia pendidikan di Bintan. 

"Sudah 18 tahun PT BRC memberikan bantuan pendidikan bagi anak Bintan. Ini sangat luar biasa dan harus dicontohi oleh perusahaan swasta lainnya," katanya.

Bantuan pendidikan yang diberikan PT BRC terhadap anak Bintan sangat meringankan beban Pemkab Bintan. Sebab pemerintah memiliki keterbatasan anggaran sehingga tidak bisa memberikan bantuan pendidikan itu secara menyeluruh.

"Pemerintah memiliki anggaran untuk sektor pendidikan. Tetapi anggarannya sangat terbatas sehingga perlu uluran tangan dari dana CSR seperti PT BRC ini lakukan," tutupnya. 

(ary) 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews