DPR-RI Pantau Kelayakan Jembatan Barelang Untuk Jangka Panjang

DPR-RI Pantau Kelayakan Jembatan Barelang Untuk Jangka Panjang

Para anggota Komisi V DPR-RI meninjau kondisi Jembatan Barelang, Rabu (22/11/2017). (Foto: Yude/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Para anggota Komisi V DPR-RI memantau kondisi Jembatan I Barelang, Rabu (22/11/2017).

Kunjungan kerja para anggota Komisi V DPR-RI ini bersama Kepala Balai 4 PUPR.

Anton Sukartono Suroto, Wakil Komisi V DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat mengatakan, jembatan itu semenjak dibangun pada tahun 1998 belum pernah dipelihara.

“Apakah kita harus nunggu roboh dulu, baru kita pelihara? Kan tidak,” Kata Anton ditemui di landmark jembatan Barelang bersama rombongan Komisi V lainnya.

Ia meneruskan, untuk pemeliharaan pertama jembatan ini memakan anggaran mencapai Rp 34 miliar.

“Ini tahap pertama, untuk pembelajaran bagi seluruh Indonesia. Karena apapun namanya jembatan, pasti ada masa habisnya,” paparnya.

Untuk tahap pertama ini lanjut Anton, sudah dilakukan penambahan pancang penangkal listrik, penggantian kabel-kabel yang sudah erosi dan pembuatan tanggul di bawah jembatan untuk menghambat erosi.

“Intinya kita pengen nama jembatan ini sampai 200-300 tahun tetap ada, tapi kalau nggak dirawat nggak mungkin. Ini ikon nasional, karya anak Bangsa, bukan asing,” kata dia.

Untuk saat ini, Anton mengatakan baru satu jembatan yang dilakukan perawatan, untuk jembatan yang lainnya akan menyusul.

“Sekarang baru ini aja, tapi ini kan satu. Nanti kan ada enam jembatan itu sampai ke Galang, itu nanti pasti akan kita rawat semua,” ungkap Anton.

Junaidi, kepala balai 4 PUPR sebagai pendamping para anggota Dewan ini mengatakan, untuk tahap pertama sudah diperbaiki dan mendata yang rusak-rusak.

“Kalau belum selesai tahun ini, tahun depan kita anggarkan lagi,” kata dia.

Sedangkan untuk kondisi jembatan menurut dia masih dalam kondisi bagus,”Masih, tapi jangan nunggu runtuh dulu,” ujarnya singkat.

[yud]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews