Tongkang Pembuang Limbah Masih Beroperasi di Harbour Bay

Tongkang Pembuang Limbah Masih Beroperasi di Harbour Bay

Tongkang Mecan Marina TB Island 2 tetap beroperasi hingga Sabtu ini di depan Pelabuhan Harbour Bay. (foto: yes/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Satu unit tongkang bermerek Mecan Marina TB Island 2 dilaporkan LSM Hinterland, membuang limbah di perairan Pulau Bokor, Patam Lestari, Batam, Kepulauan Riau. Setelah dilaporkan, sampai saat ini tongkang tersebut masih tetap beroperasi, Sabtu (18/11/2017).

Terlihat dari pantauan Batamnews.co.id, tongkang berukuran besar tersebut tepat berada di perairan di jalur Pelabuhan Harbour Bay Jodoh Batam. Di atas tongkang terdapat alat pengaruk limbah atau lumpur yang ada di dalam laut. 

Sekitar pukul 14.00 WIB, aktivitas tongkang mulai terlihat. Terdapat tiga orang petugas di tongkang, dengan tugasnya masing-masing pembawa dua alat berat dan satu lagi membawa speedboat untuk mengarahkan area yang akan dikeruk. 

"Lumpur itu akan dibuang di tengah laut," ujar Mila salah seorang warga yang berada tidak jauh dari tongkang. 

Ia mengatakan tongkang tersebut sudah mulai beroperasi sejak dua pekan yang lalu. "Kabarnya memang ada pemeriksaan dari tentara, tapi saya tidak lihat langsung," katanya.

Sebelumya aktivitas tongkang ini diketahui LSM Hinterland dan sempat dilaporkan kepada TNI AL. Berselang beberapa hari TNI AL sempat melakukan pengecekan terhadap tongkang tersebut. Namun sampai saat ini tidak ada keterangan resmi dari TNI AL.

Ketika dikonfirmasi ke Pangkalan TNI-AL Batam Pos Pembantu TNI AL Sei Jodoh tidak ada satupun petugas. "Tidak ada petugas bang, orang lagi banyak kegiatan," ujar Hasan salah seorang petugas.

Hingga saat ini belum ada kejelasan dari penanganan kasus pembuangan limbah itu. Kasus pembuangan limbah di perairan Kepulauan Riau jarang sekali terungkap. Kasus-kasus pembuangan limbah ini seakan turut hilang bersama berakhirnya musim angin utara.

(yes)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews