Jelang Akhir Tahun Rawan Produk Kedaluwarsa

Jelang Akhir Tahun Rawan Produk Kedaluwarsa

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Bintan akan meningkatkan pengawasan produk pangan jelang akhir tahun. Sebab produksi pangan akan mengalami peningkatan yang drastis dan sangat rawan kedaluwarsa.

"Jelang akhir tahun biasanya rawan produk kedaluwarsa. Jadi kami akan tingkatkan lagi pengawasan di lapangan," ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Disperindag Bintan, Setia Kurniawan, kemarin.

Tahun lalu, pihaknya menemukan beberapa produk kedaluwarsa dijual bebas di pusat perbelanjaan. Dikhawatirkan jelang akhir tahun ini juga terjadi seperti itu sehingga diperlukan peningkatan pengawasan setiap produk pangan.

Selain pengawasan produk, pihaknya juga menegaskan kepada seluruh pedagang agar tidak menjual produk yang tidak layak dikonsumsi tersebut. Apabila ditemukan produk yang dijual akan disita dan pedagangnya bisa dijerat sanksi.

"Produk yang rawan dijumpai kedaluwarsa yaitu parcel. Kami akan mencegah produk itu beredar," katanya.

Ditanya ketersediaan pasokan barang dan harga jelang akhir tahun, pria yang sering disapa Iwan ini mengaku pasokan dan harga barang bisa saja terjadi perubahan. Mengingat di akhir tahun sangat rawan dengan cuaca buruk.

Namun, Disperindag akan mengantisipasi terjadi kelangkaan dan kenaikan harga produk pangan itu. Khususnya berbagai komoditas barang sembako.

"Letak geografis Bintan inikan terdiri dari pulau-pulau. Apabila cuaca buruk terasa imbasnya kepada pasokan dan harga. Inilah yang kami pantau terutama sembako," tutupnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews