Peserta JKN-KIS di Batam Masih 82 Persen, Ini Kendalanya

Peserta JKN-KIS di Batam Masih 82 Persen, Ini Kendalanya

Media gathering BPJS Kesehatan cabang Batam. (foto: ret/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Batam masih mencapai 82 persen dari total jumlah penduduk Kota Batam. 

Tercatat pada Juli 2017, jumlah penduduk Kota Batam sebanyak 1.055.040 jiwa dengan total kepesertaan sebesar 858.860 peserta. 

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, diantaranya juga sudah menyeberang sampai ke pulau-pulau untuk sosialisasi JKN-KIS.

“Peserta JKN-KIS belum 100 persen yang terdaftar, padahal kita sudah berupaya, sampai mendatangi ke pulau-pulau," ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan cabang Batam, Rahim Irham, Selasa (14/11/2016) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam. 

Kepala Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung menambahkan pada tahun 2019 pihaknya menargetkan peserta JKN-KIS harus sudah 100 persen. 

Namun, untuk mencapai taget tersebut, masih ada kendala-kendala, diantaranya masih ada masyarakat yang tidak tahu akan kegunaan JKN-KIS. 

"Sosialisasi sudah kita lakukan dan responnya juga lumayan bagus, sudah sampai ke pelosok-pelosok kita, tapi mungkin belum mengerti dengan manfaat JKN-KIS tersebut,” ujar Zoni.

Selain itu, juga kendala lain yang ditemukan adalah masyarakat beralasan tidak memiliki uang untuk membayar iuran tersebut.

"Lainnya karena tidak ada uang untuk bayar iuran, bagaimanapun juga iuran tersebut memang harus dibayarkan karena bersifat wajib,” jelasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews