Ini Bocoran Empat Nama yang akan Dapat Gelar Pahlawan

Ini Bocoran Empat Nama yang akan Dapat Gelar Pahlawan

Wakil Ketua Dewan Gelar Jimly Asshiddiqie. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah berencana memberikan gelar kepahlawanan untuk empat nama yang dianggap memberikan pengorbanan berharga bagi Indonesia. Keempat orang ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Gelar Jimly Asshiddiqie mengatakan, nama pertama yang akan mendapat gelar adalah Laksamana Malahayati dari Kesultanan Aceh. Perempuan yang merupakan panglima perang angkatan laut dari Aceh ini ketika itu mampu menghadapi berbagai ancaman dari penjajah seperti Inggris, Portugis, dan Belanda.

"Laksamana ini sangat luar biasa. Nah, dia seakan terlupakan padahal namanya sudah terpatri dalam nama kapal KRI, nama gedung, hingga nama jalan. Maka akan kita kukuhkan namanya menjadi pahlawan," ujar Jimly, Rabu (8/11/2017).

Nama kedua yang akan mendapatkan gelar kepahlawanan adalah pendiri Nahdlatul Wathan, Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madji. KH M Zainuddin Abdul Madji adalah kakek dari Gubernur NTB saat ini Muhammad Zainul Majdi.

Menurutnya, sama dengan Nahdatul Ulama (NU), Nahdatul Wathan (NW) didirikan sebagai bentuk kebangkitan Tanah Air untuk menghadapi ancaman Belanda. Ajaran dan ilmu yang diajarkan NW juga menjadi salah satu faktor kuatnya persatuan di daerah Nusa Tenggara Barat (NTB). "Apalagi NTB itu belum pernah ada pahlawan nasional," kata Jimly.

Ketiga, terdapat nama seorang raja dari daerah Riau yang bukan hanya berjasa bagi Indonesia melainkan juga untuk negara Malaysia. Bahkan, raja ini juga rencananya akan mendapatkan gelar kepahlawanan dari Malaysia, karena pada saat penjajahan dulu Riau yang berdekatan dengan Malaysia menjadi daerah yang berhasil dijaga oleh raja tersebut.

"Nah kalau yang keempat itu pendiri HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Dia satu-satunya yang bukan dari daerah," ujar Jimly.

Jimly menyebut, tahun ini gelar kepahlawanan akan diberikan bagi mereka yang berada di luar pulau Jawa.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews