7 Perbedaan Mencolok Pelabuhan Feri Domestik vs Pelabuhan Feri Internasional di Batam

7 Perbedaan Mencolok Pelabuhan Feri Domestik vs Pelabuhan Feri Internasional di Batam

Foto-foto perbedaan mencolok pelabuhan feri Internasional dan Domestik Sekupang terlihat sangat jelas. Pembangunan fasilitas pelabuhan terkesan diskriminasi. (Foto: Alfi Kurnia)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Perbedaan mencolok terlihat antara pelabuhan domestik Sekupang dengan pelabuhan feri Internasional Sekupang. Jika dibandingkan keduanya bak langit dan bumi. Padahal keduanya bersebelahan dinding.

Tak heran Menteri Perhubungan Ignasius Jonan terheran-heran setelah meninjau kedua pelabuhan itu Jumat lalu. Jonan mengingatkan BP Batam untuk tidak terlalu membedakan fasilitas keduanya.

Perbedaan itu terlihat dari foto-foto sejumlah fasilitas. 

 

1. Parkir

Parkir pelabuhan domestik terlihat semrawut. Kendaraan tidak tertata rapi, lokasinya pun terpisah-pisah. Di domestik sangat sulit mencari tempat parkir. Sedangkan di pelabuhan internasional masih terhitung luas. Tanda parkir baik rambu maupun marka parkir terlihat jelas.

 

2. Gerbang

Gerbang pelabuhan domestik dan pelabuhan internasional juga sangat jauh berbeda. Domestik hanya pondok kecil dan ditunggu oleh seorang. Sedangkan pelabuhan internasional ruang petugas parkir sangat nyaman.

 

3. Ruang Tunggu

Ruang tunggu penumpang di pelabuhan Internasional jauh lebih nyaman. Dilengkapi pendingin serta lingkungan yang bersih. Sedangkan di domestik ruang tunggu pengab, hanya ada kipas angin penuh debu. Ruang tunggu hanya dipenuhi lapak-lapak pedagang. Sungguh tidak nyaman.

 

4. Konter Tiket

Konter tiket di pelabuhan domestik sangat berisik. Para agen tiket berteriak-teriak memanggil calon penumpang untuk membeli tiket. Sedangkan di pelabuhan internasional calon penumpang datang sendiri membeli tiket sesuka hati.

 

5. Keamanan

Di lingkungan pelabuhan feri Internasional terdapat Kantor Kepolisian Pelabuhan Sekupang. Ada petugas kepolisian berjaga. Sedangkan di pelabuhan domestik tidak ada. Bahkan sekuriti pun tak terlihat. 

 

6. Gedung

Gedung pelabuhan feri Internasional Sekupang termewah di Batam. Lingkungannya sangat nyaman. Setiap saat ada petugas kebersihan. Tentu saja berbeda jauh dengan pelabuhan domestik yang tak terawat. Sumpek dan padat. Bangunan juga sudah berusia puluhan tahun. Belum lagi ponton pelabuhan yang sudah berkarat di sana sini.

 

7. Lobi

Di lobi pelabuhan feri internasional juga dilengkapi pusat informasi atau layanan publik, sedangkan di pelabuhan domestik tidak. Begitu juga kondisi lainnya juga terlihat jauh berbeda. Lantai maupun konter tiket.

Celakanya justru pelabuhan domestik dikelola oleh pemerintah atau Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) sedangkan pelabuhan internasional dikelola pihak swasta. Lantas kenapa pelayanan dan fasilitasnya jauh lebih buruk pelabuhan domestik.

 

[snw/alf]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews