Pasokan Gas ke Batam Bakal Berkurang, Ini Sebabnya

Pasokan Gas ke Batam Bakal Berkurang, Ini Sebabnya

Jaringan gas Grissik Sumatera Selatan (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pasokan gas dari Grissi ke Batam diperkirakan akan menurun. Kondisi ini dampak dari pengerjaan jalur pipa Grissik, Sumsel, ke Singapura. Pengerjaan itu ditangani PT Transportasi Gas Indonesia (TGI), anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Rencananya pekerjaan tersebut baru akan dilakukan pada bulan depan. "Rencana pekerjaan pipa Grissik-Singapura adalah untuk memastikan kehandalan jaringan pipa dan penyaluran gas ke konsumen tetap andal," kata Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN, Desy Anggia, di Jakarta, melalui rilis yang diterima batamnews.co.id, Selasa (31/10/2017).

Menurut Desy, rencana pekerjaan  pipa gas Grissik-Singapura ini memiliki potensi berdampak pada penurunan sebagian pasokan gas ke Batam. Meski demikian, PGN akan mengatur secara proporsional penyaluran gas untuk meminimalisasi dampak ini.

"Kami juga sudah menginformasikan kepada badan usaha dan industri di Batam agar mereka bersiap menyiapkan antisipasi,” ujar Desy.

Rangkaian aktivitas pekerjaan pipa jalur Grissik-Singapura ini sedianya dijadwalkan berlangsung selama enam hari. Dimulai pada 2 November 2017, tim dari TGI akan melakukan sejumlah tahapan dan menyelesaikan seluruh proses perawatan pada 7 November 2017.

"Proses pengerjaannya sebetulnya hanya dua hari, bahkan TGI menyampaikan ada kemungkinan akselerasi menjadi satu hari. Tapi, kami memakai skenario sesuai saat simulasi," ujar Desy.

Amin Hidayat selaku Sales Area Head PGN Batam juga menjelaskan dengan pekerjaan ini akan ada penurunan jumlah pasokan yang dikirimkan ke Batam.

"Kondisi penurunan pasokan ini bagi pelanggan PGN dapat dikategorikan sebagai force majeure, karena berdampak kepada operasional mereka,” ujar Amin.

"Namun kami berusaha secara teknis agar penurunan tekanan ini dapat kita maintain dengan baik, sehingga penurunan pasokan dapat diminimize lagi, dan tentunya juga mengurangi dampak kepada para pelanggan PGN yang ada di batam" imbuhnya.

PGN terus memperluas jaringan infrastruktur dan meningkatkan pasokan gas bumi ke berbagai wilayah di Batam. Saat ini, untuk wilayah Batam, PGN telah melayani 3.497 pelanggan rumah tangga, 53 pelanggan komersial, serta 43 pelanggan industri dan pembangkit listrik.

 Sedangkan secara total, PGN telah memasok ke 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, 1.930 pelanggan komersial, dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews