Apri Wanti-wanti Pejabat Pemkab Bintan

Apri Wanti-wanti Pejabat Pemkab Bintan

Bupati Apri Sujadi (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi ultimatum kepada 38 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bintan segera menertibkan administrasi pengelolaan keuangan daerah.  Karena saat ini telah memasuki masa triwulan akhir 2017.

"Pertanggungjawaban penggunaan APBD tinggal dua bulan lagi. Jadi, saya minta masing-masing OPD segera tertibkan administrasinya," ujar Apri, Kamis (26/10/2017).

Kepala OPD merupakan orang yang bertanggungjawab terhadap anggaran yang dikucurkan melalui APBD. Sebab mereka selaku pengguna anggaran tersebut. Maka diminta segera mengintruksikan masing-masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk membuat laporan administrasi secepatnya. 

Kemudian, Kepala OPD juga harus meningkatkan kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari APBD itu. Sebab jika ada temuan, baik kecurangan maupun kerugian yang akan bertanggungjawab adalah Kepala OPD itu sendiri.

"Saya ingatkan, laporan administrasi harus sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaannya. Jika itu semua tidak dapat dipertanggungjawabkan, Kepala OPD dan PPTK yang akan terima hukumannya," katanya.

Kepala BPKAD Bintan, Mohamad Setioso mengatakan tertib administrasi penggunaan ataupun pengelolaan keuangan daerah telah diatur PP Nomor 58 Tahun 2005 Pasal 4 Ayat 1. 

Yaitu keuangan daerah wajib dikelola secara tertib, taat terhadap undang-undang, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

"Jika keluar dari koridor itu, pengguna anggaran harus bertanggungjawab terhadap konsekuensinya. Bahkan siap-siap diproses hukum," jelasnya.

Masing-masing OPD dihimbau segera melaporkan pertanggungjawaban administrasi penggunaan APBD sebelum akhir tahun ini. Kemudian juga diharapkan bisa mempertahankan prestasi yang diraih Pemkab Bintan 2016 lalu dari Kementerian Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Tahun lalu kita dapat WTP. Jadi diharapkan prestasi ini dapat dipertahankan dan jangan sampai tahun ini malah merosot," kata dia.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews