10 Ribu Bibit Bakau Ditanam di Pulau Ngenang

10 Ribu Bibit Bakau Ditanam di Pulau Ngenang

Penanaman bibit bakau di Pulau Ngenang. (foto: ret/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sepuluh ribu bibit tanaman bakau ditanam di kawasan Pulau Ngenang, Nongsa sebagai antisipasi mempertahankan ekosistem laut. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) Grup dan dibarengi dengan penyerahan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR). 

“Hari ini kita akan tanam bibit tanaman bakau di Pulau Ngenang sebagai upaya mempertahankan ekosistem laut, dan juga penyerahan CRS bagi masyarakat pesisir,” ujar Direktur Pemasaran PTK, Wedi Kamaludin di Pulau Ngenang, Jumat (20/10/2017). 

Selama 5 tahun berturut-turut di Pulau Ngenang, PT PTK sudah secara rutin melakukan penanaman pohon bakau dan sudah mencapai total 105.000 pohon. 

Untuk CSR diserahkan berupa jaring dan mesin tempel bagi nelayan, kemudian memberikan pelatihan kepada masyarakat di pulau tersebut. 

“Pelatihan-pelatihan yang diberikan berupa pengolahan hasil laut bagi ibu-ibu di pulau ini, dan juga tidak lupa kami berikan pelatihan kepada nelayan,” kata Wedi.

Pulau yang dihuni oleh 1.509 jiwa ini merupakan masyarakat pesisir yang bergantung pada hasil laut. 

Sekretaris Dinas Perikanan Kota Batam, Alwi AR menyebutkan akibat pembangunan industri di Batam, membuat nelayan harus berlayar ke tengah laut untuk mendapatkan ikan. 

“Industri itu menyebabkan ekosistem laut sedikit terganggu, makanya dengan penanaman pohon bakau ini sangat membantu mempertahankan ekosistem laut,” ujar Alwi. 

Dari dinas perikanan juga telah memberikan pelatihan dan membentuk kelompok usaha bersama (KUB). 
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews